Sulam Alis yang Aman

Saat ini Sulam Alis menjadi pilihan banyak wanita, mengapa ? Kulit halus, bibir lembap dan alis yang tebal bak semut beriring pasti jadi dambaan semua wanita. Kulit halus dan bibir lembap relatif lebih mudah didapat dengan perawatan di salon atau menggunakan produk-produk tertentu serta mengatur pola makan sehat. Kalau ingin mempunyai alis bak semut beriring? Nah, ini agak susah karena tidak semua orang dapat warisan genetik alis yang tebal. Akhirnya, sulam alis menjadi pilihan banyak wanita. 

Sulam alis berbeda dengan tato alis. Jika tato alis bersifat permanen dan menggunakan tinta untuk melukis alis, sulam alis bersifat semipermanen dan menggunakan pigmen sebagai medianya. Dengan teknik tertentu, sulam alis menghasilkan tampilan yang lebih alami karena menggunakan pigmen yang sama warnanya dengan warna asli alis dan hasilnya bisa bertahan hingga dua tahun. Ketakutan terbanyak menyangkut prosedur kecantikan yang satu ini adalah risiko infeksi. 

1. Lakukan di klinik atau rumah sakit dengan dokter spesialis kulit.
2. Konsultasi terlebih dulu mengenai kondisi kesehatan, alergi yang Anda punya (jika ada), dan bentuk yang diinginkan agar tidak menyesal sesudahnya.
3. Pastikan pisau yang digunakan hanya sekali pakai (disposable). Anda harus melihatnya benar-benar bahwa pisau untuk Anda masih dalam kemasan tertutup.
4. Pastikan area klinik bersih, kering dan steril, terutama di area proses sulam alis dilakukan.
5. Oleskan salep antibiotik pada luka sesuai petunjuk dokter
6. Gunakan gel pendingin sesuai petunjuk dokter jika Anda merasakan panas atau perih di area alis.

Selain itu, hindari hal-hal berikut:
1. Menggunakan jarum bekas pakai walau sudah disteril. Anda harus selalu waspada terhadap risiko  penyebaran virus hepatitis dan HIV. Bisa saja proses steril tidak sempurna sehingga Anda terkena infeksi atau tertular virus.
2. Jangan lakukan sulam alis jika Anda tidak sehat, hamil dan menderita diabetes. Ingat, apa yang masuk ke tubuh ibu hamil, termasuk lewat kulit, dapat memengaruhi janin. Sementara untuk penderita diabetes, sulam alis tidak dianjurkan karena lukanya akan sulit sembuh.


3. Menggunakan produk bleaching atau pemutih jika ingin hasil yang tahan lama karena produk-produk tersebut dapat cepat memudarkan hasil sulam alis.
4. Jangan mengorek luka sulam alis. Biarkan luka bekas sulam kering dan mengelupas dengan sendirinya. Luka akan sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu.
5. Tak perlu tergiur harga di bawah standar apalagi di tempat yang tidak ada ahli medisnya. Di Amerika, biaya sulam alis minimal 600 USD dilakukan terapis bersertifikat. Di Indonesia pun biayanya jutaan karena membutuhkan teknik keahlian khusus dan harga pigmen yang cukup mahal. 


Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

0 Response to "Sulam Alis yang Aman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...