Cara Menghilangkan Keloid

Keloid adalah kelainan pada kulit yang ditandai jaringan parut dan terjadi pasca operasi, tindik, tato, atau mengalami luka gores. Bentuk keloid biasanya menonjol di sekitar luka yang sudah sembuh serta melebihi batas luka tersebut. Keloid dapat muncul pada luka apa pun dan lebih berisiko jika luka mengalami infeksi. Keloid biasanya muncul dalam waktu 3 bulan - 1 tahun setelah kerusakan kulit.

Penyebab keloid adalah masalah pada sel fibroblasts yang berfungsi memproduksi jaringan luka (kolagen), gangguan hormon, gangguan sistem imun, dan faktor keturunan.Ciri-ciri keloid adalah bekas luka yang kenyal, lalu melunak, gatal, sakit, dan seperti terbakar. Warna keloid akan berubah dari kemerahan menjadi kecokelatan atau pucat.  

Perlahan tapi pasti, keloid akan melebar hingga berhenti. Nah, meski ukuran keloid dapat mengecil seiring waktu, namun keloid jarang hilang sepenuhnya. Tapi, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan keloid berikut ini. 

Suntik steroid

Menyuntikkan suntikan steroid yang disebut triamcinolone tepat di keloid adalah cara menghilangkan keloid yang efektif. Suntikan dilakukan setiap 2 6 minggu sekali. Efek samping suntik steroid adalah urat nadi terlihat jelas (telangiectasias) serta warna kulit di sekitar keloid lebih cerah dan menipis. 

Operasi

Operasi bisa dilakukan untuk menghilangkan keloid. Tapi, operasi juga meningkatkan risiko melebarnya keloid. Operasi menghilangkan keloid ini harus dilakukan lebih hati-hati dan jahitan yang sesedikit mungkin untuk munculnya keloid. 

Radioterapi

Radioterapi  berisiko menyebabkan kanker. Maka, radioterapi sebaiknya digunakan untuk menghilangkan keloid di area tubuh yang jauh dari organ penting, seperti lengan dan kaki. Cara meghilangkan keloid dengan radioterapi adalah menanamkan serpihan kecil materi radioaktif di area yang terluka (brachytherapy) dan dilakukan setelah operasi menghilangkan keloid.

Cryotherapy

Cryotherapy biasanya dilakukan bersamaan dengan perawatan suntik steroid. Cara menghilangkan keloid ini dilakukan dengan menggunakan jarum untuk membekukan jaringan.  Jika diberikan dari awal, cryotherapy dapat menghentikan pertumbuhan keloid dan membuat area luka menjadi pucat.

*Foto hanya ilustrasi

Perawatan laser

Laser jenis pulsed dye lasers dan Nd:YAG adalah laser yang terbilang efektif menghilangkan keloid. Tapi, pulsed dye lasers kurang efektif untuk orang berkulit gelap. Khusus keloid di punggung yang terbilang sulit dihilangkan, perawatan menghilangkan keloid biasanya memakai laser karbon dioksida dan suntikan steroid. (PA)

Ditinjau oleh dr. Rahajeng A.P

 

0 Response to "Cara Menghilangkan Keloid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...