7 Tips Mengambil Makanan Prasmanan Agar Tidak Berlebihan




Suka pergi ke pesta atau kondangan yang menyajikan makanan prasmanan? Tentu, bagi banyak orang inilah yang ditunggu-tunggu. Bisa mengambil makanan sesuka hati sampai puas dan benar-benar kenyang. Namun, bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, makanan prasmanan bisa jadi mimpi buruk. Menahan godaan untuk tidak mengambil banyak makanan adalah hal yang sangat sulit, terlebih lagi makanan yang disajikan enak-enak menurut Anda.  Tapi, jangan khawatir karena Anda bisa melakukan tips-tips di bawah ini untuk menghadapi makanan prasmanan.


1. Makan terlebih dahulu sebelum berangkat


Jika banyak orang sengaja tidak makan sebelum berangkat ke pesta agar ia bisa mencoba semua makanan di sana. Maka, berbeda dengan Anda yang sedang mengontrol asupan makan Anda. Usahakan agar Anda tidak pergi dalam kondisi lapar. Lapar di pesta membuat Anda tergoda untuk mengambil semua makanan yang Anda ingin. Akibatnya, Anda pun makan berlebihan.


2. Minum sebelum makan


Ingat, minumlah terlebih dahulu sebelum Anda makan. Ini dapat membantu Anda dalam mengontrol rasa lapar Anda, sehingga Anda tidak mengambil terlalu banyak makanan. Terkadang, Anda mungkin merasakan lapar yang sebenarnya adalah hanya haus.


3. Pilih makanan dengan pintar


Penyakit banyak orang saat dihadapi dengan makanan prasmanan adalah mengambil semua makanan yang tersedia dalam porsi besar. Padahal, tidak semua makanan tersebut dapat dihabiskan. Untuk itu, Anda perlu mengambil makanan dengan hati-hati. Lihat terlebih dahulu apa saja makanan yang disajikan dan buat pertimbangan apa saja yang ingin Anda ambil. Anda mungkin bisa mempertimbangkan hal ini:



  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah isi piring Anda dengan sayur. Serat dalam sayuran dapat membuat Anda lebih kenyang

  • Pilih satu atau dua jenis makanan tinggi lemak atau tinggi kalori yang ingin Anda ambil. Seperti, daging, ayam, atau ikan. Pilih makanan yang benar-benar Anda ingin dan mungkin yang belum pernah Anda makan. Hal ini untuk membantu Anda cepat kenyang dan menghindari agar Anda tidak makan berlebihan.

  • Ambil sumber karbohidrat (seperti nasi atau mie (pilih salah satu)) dalam porsi yang sedikit. Atau, lebih baik lagi jika Anda menghindarinya.


4. Jaga porsi Anda tetap kecil


Mengambil makanan dalam porsi kecil memungkinkan Anda untuk mengambil lebih banyak jenis makanan, tapi dengan jumlah kalori yang tidak berlebihan. Mengambil banyak makanan terkadang hanya untuk memuaskan rasa penasaran Anda terhadap rasa dari makanan tersebut, bukan benar-benar keinginan Anda untuk memakannya. Jadi, lebih baik untuk mengambil makanan dalam porsi sedikit agar tidak berlebihan. Jangan mengisi penuh piring Anda.


5. Pilih minum air putih daripada minuman manis


Walaupun mungkin minuman manis, sirup, minuman bersoda, atau minuman sejenisnya membuat Anda tertarik untuk mengambilnya, namun disarankan agar Anda tidak meminumnya. Minuman manis hanya akan menambah asupan kalori Anda, tanpa memberi nutrisi lebih. Lebih baik jika Anda hanya mengambil air putih yang tidak mengandung kalori. Jika Anda sulit sekali untuk menahan godaan tersebut, ambil minuman manis satu gelas saja sudah cukup.


6. Jangan lupa ada makanan penutup


Mungkin Anda biasanya akan melewatkan hal ini saat datang ke pesta. Makanan penutup yang disediakan hanya buah atau puding yang sudah biasa Anda makan, sehingga Anda enggan untuk mengambilnya. Namun, pikiran seperti itu justru dapat membuat Anda lebih banyak mengambil makanan utama.


Menyisakan sedikit ruang di perut Anda untuk buah sebagai makanan penutup dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori yang masuk. Buah mengandung serat, nutrisi, dan kalori yang lebih sedikit daripada makanan penutup lainnya (seperti puding, kue, dan es krim). Sehingga, hal ini membantu Anda lebih cepat kenyang.


7. Makan dengan perut, bukan dengan mata


Rasakan perut Anda dengan baik. Jika perut Anda sudah mengatakan kenyang, sebaiknya Anda tidak mengambil makanan lagi. Dihadapkan dengan begitu banyak makanan, terkadang membuat Anda hanya lapar mata sehingga ingin mengambil makanan sebanyak mungkin.


0 Response to "7 Tips Mengambil Makanan Prasmanan Agar Tidak Berlebihan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...