Yuk, Cuci Muka Dulu! Ini Bahayanya Kalau Ibu Ketiduran Saat Menyusui Bayi




Menyusui bayi yang baik dilakukan sesering mungkin mengikuti keinginan bayi. Oleh karena itu, jadwal menyusui pun tidak selalu pasti. Termasuk jika bayi terbangun di tengah malam dan kelaparan. Capek dari aktivitas seharian mungkin membuat Anda sering ketiduran saat sedang menyusui bayi. Tapi awas, ketiduran saat menyusui bayi bisa membahayakan keselamatan bayi Anda, lho!


Tidur satu tempat tidur dengan bayi, apakah aman?


Hal ini tampaknya masih menjadi perdebatan. Tidur malam dalam satu tempat tidur dengan bayi Anda memang dapat memudahkan Anda menjaga bayi di malam hari. Terlebih jika bayi sering menyusu tengah malam, ini dapat memudahkan Anda memberikan ASI tengah malam kepada bayi.


Namun di samping itu, tidur dengan bayi dalam satu tempat tidur juga dapat meningkatkan risiko bayi mati mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS). Selimut, bantal, atau mungkin tangan Anda bisa saja menutupi jalan napas bayi saat tidur tanpa Anda sadari, sehingga SIDS bisa terjadi. Inilah hal yang ditakutkan.


Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan agar bayi berusia enam bulan atau kurang tidur di dalam satu ruangan dengan Anda tapi di tempat tidurnya sendiri atau box bayi. Di dalam box bayi juga sebaiknya tidak ada selimut, bantal, boneka, atau mainan yang dapat menghalangi jalan napas bayi.


Bahayanya kalau ibu ketiduran saat menyusui bayi


Menyusui tengah malam memang melelahkan. Banyak dari Anda mungkin yang memilih menidurkan bayi di samping Anda agar menyusui di tengah malam lebih mudah. Namun, saat menyusui bayi tengah malam Anda bisa saja tertidur tanpa sadar karena kelelahan mengurus bayi seharian. Hal ini tentu tidak baik. Ketiduran saat menyusui dapat meningkatkan risiko SIDS.


American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar Anda tidak menyusui dan kemudian tertidur di samping bayi. Anda bisa saja berguling dan menimpa bayi, ini adalah sebuah kemungkinan. Ketiduran saat menyusui di tempat tidur maupun di sofa dapat meningkatkan peluang bayi terjatuh atau meninggal karena sesak napas ketika jalan napasnya terhalangi sesuatu.


Dilansir dari Baby Center, ketiduran di sofa atau kursi saat sedang menggendong bayi (walaupun tidak sambil menyusui) sangatlah berbahaya. Ini meningkatkan risiko bayi kepanasan dan tercekik, sehingga bayi bisa mengalami SIDS. Hal ini berlaku kapan pun, baik di malam maupun siang hari. Intinya, ketiduran saat menyusui bayi atau hanya sekadar menggendong bayi di sofa tidak baik dilakukan. Meski tampak sepele, risiko keselamatan bayi lebih besar daripada manfaatnya.


Jangan biarkan bayi ketiduran juga saat menyusu


Bayi yang tertidur saat menyusu juga tidak baik. Jika dibiarkan terus-terusan bayi tertidur saat menyusu, ini akan menjadi kebiasaan yang kurang baik bagi bayi. Selain itu, mungkin juga ada risiko bayi tersedak oleh aliran susu. Sebaiknya buat bayi tetap terjaga terlebih dulu sebelum selesai menyusu, jika bayi sudah terlihat mengantuk.


0 Response to "Yuk, Cuci Muka Dulu! Ini Bahayanya Kalau Ibu Ketiduran Saat Menyusui Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...