Redakan Sakit Kepala dan Bahu Dengan Pijat

Terapi pijat bukanlah praktik kesehatan yang hanya dapat dilakukan di tempat khusus terapi atau bahkan panti pijat, karena dengan sedikit trik, Anda dapat menekan titik-titik penting pada area kepala dan bahu untuk melepaskan ketegangan tanpa perlu keluar biaya. Berikut ini beberapa langkah menghilangkan sakit kepala dan ketegangan pada kepala Anda:

1.Mulailah dengan menempatkan ibu jari pada tulang pipi di area dekat telinga, sambil menggunakan ujung-ujung jari untuk menekan secara perlahan dan menggosok area di antara sudut mata dan sebelum menuju telinga.
2.Tekan lebih dalam lagi dan buat gerakan memutar, secara bertahap geser jari-jari ke atas sejajar dengan garis-garis rambut sampai berhenti di area tengah dahi, dan pijat seluruh area kepala bagian depan dan kulit kepala. 

Terapi pijat untuk melepaskan ketegangan leher:
1.Bagi Anda yang sering duduk lama untuk bekerja di depan komputer, letakkan tangan Anda di atas bahu. Buang napas, lalu biarkan kepala Anda mendongak ke atas sambil secara perlahan menekankan jari-jari ke telapak tangan serta menggerakkan otot punggung dan bahu secara konsisten ke arah leher.

2.Kemudian, tempatkan siku pada meja untuk tempat bertumpu kepala yang ditundukkan sedikit. Pijat bagian leher dari arah bahu hingga ke bagian bawah tengkorak kepala menggunakan ujung-ujung jari untuk membentuk lingkaran kecil yang dalam hingga Anda merasakan otot pada masing-masing sisi tulang belakang. 

3.Tempatkan kedua tangan di belakang kepala dan tautkan jari-jari kedua tangan. Tundukkan kepala ke depan dan biarkan beban dari kedua siku menarik kepala secara perlahan ke bawah, menarik otot-otot pada leher dan otot-otot punggung.

Terapi pijat yang terakhir adalah terapi pijat untuk meredakan rasa pegal pada punggung bagian bawah. Berikut langkah-langkahnya:
1.Berdiri dan letakkan kedua tangan Anda di kedua pinggang, dengan posisi ibu jari di bagian belakang dan jari-jari di depan.

2.Secara perlahan, tekan jempol Anda menyentuh otot pada masing-masing sisi tulang belakang

3.Pertahankan tekanan ibu jari pada punggung sambil Anda menggerakkan tangan Anda ke atas, ke bawah dan dalam gerakan memutar membentuk lingkaran kecil. Pada titik-titik yang lunak dan terasa lebih sakit, usahakan berikan pijatan lebih lama tanpa menyebabkan rasa sakit.

4.Gerakkan ibu jari secara perlahan, inci per inci, pada kedua sisi tulang belakang, sejauh yang bisa dijangkau oleh tangan. Kemudian secara perlahan, gerakkan kembali tangan dengan tekanan ibu jari yang dpertahankan tetap menyentuh permukaan yang menonjolkan tulang pada punggung Anda.

Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

0 Response to "Redakan Sakit Kepala dan Bahu Dengan Pijat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...