Puting Susu Sakit Saat Menyusui Coba Kompres Pakai Cara Mudah Ini




Sebenarnya wajar jika puting payudara lecet dan terasa sakit saat beberapa hari pertama menyusui. Namun, hal ini mungkin harus Anda segera tangani jika keluhannya makin parah atau terus berlangsung lama tanpa tanda-tanda sembuh. Puting susu sakit merupakan alasan utama bagi kebanyakan ibu untuk berhenti menyusui anaknya.


Padahal, ASI itu sendiri merupakan sumber nutrisi optimal yang dibutuhkan bayi. WHO dan UNICEF merekomendasikan untuk ibu tetap memberikan ASI sampai anak berusia 2 tahun. Tenang, ibu-ibu. Ada satu cara mudah untuk mengatasi puting payudara yang terasa saat menyusui, dan mungkin bahan utamanya sudah Anda miliki di rumah: teh celup.


Apa saja penyebab puting susu sakit?


Penyebab utama puting payudara sakit selama menyusui adalah karena posisi yang salah dalam menyusui dan cara bayi menyedot ASI yang menyebabkan trauma. Selama 2 sampai 4 hari setelah melahirkan, puting susu ibu akan terasa keras saat bayi mulai menyusui. Jika posisi bayi menyusui baik, maka nyeri dapat berangsur hilang seiring keluarnya ASI.


Penyebab umum lainnya adalah mungkin adanya luka di kulit puting atau sekitar areola yang tak pernah Anda sadari sebelumnya. Luka dapat muncul karena bayi yang suka menggigit puting saat menyusui, atau karena trauma kecelakaan lainnya.


Luka kecil tersebut bisa meradang dan menimbulkan rasa sakit ketika terpapar bakteri S. aureus yang ada di kulit ibu, tapi juga terpapar oleh bakteri dari mulut bayi. Kemudian lukaterus menerus dalam keadaan basah dari mulut bayi selama menyusui. Faktor-faktor inilah yang menjadi penyebab sulitnya luka pada puting susu sulit sembuh.


Terdapat berbagai penyebab lainnya yang bisa menjadi alasan puting susu sakit selama menyusui, antara lain adalah:



  • Toksin yang dihasilkan sebagai efek peradangan kulit

  • Infeksi dari duktus laktiferus

  • Infeksi payudara yang berkembang karena tidak diobati dengan baik

  • Abses yang berkembang jika infeksi payudara tidak diobati


Cara mengatasi puting susu sakit saat menyusui dengan teh celup


Kompres teh celup untuk meredakan keluhan puting susu sakit saat menyusui merupakan pengobatan yang murah dan sangat mudah. Anda dapat mengompres puting susu yang terasa sakit dengan air hangat suam kuku selama kurang lebih 15 menit setelah menyusui, kemudian dilanjutkan dengan mengompres menggunakan kantong teh celup.


Teh mengandung komponen polifenol yang disebut catechins yang memiliki fungsi sebagai penyembuh luka alami. Polifenol itu sendiri memiliki kemampuan untuk menstimulasi keratinosit (sel epidermial yang mensintesis keratin, yaitu lapisan kulit yang memiliki fungsi pelindung terhadap bahaya mekanis, invasi mikroba, dan kehilangan cairan) dan dapat mempersingkat waktu penyembuhan pada luka di lapisan kulit terluar. Kebanyakan ibu merasa lebih nyaman dengan menggunakan teh celup yang direndam air hangat suam kuku terlebih dulu.


0 Response to "Puting Susu Sakit Saat Menyusui Coba Kompres Pakai Cara Mudah Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...