Buah Sawo untuk Ibu Hamil Muda dan Tua Manfaat Bahaya

Buah Sawo untuk Ibu Hamil Muda dan Tua  Manfaat  Bahaya



Buah Sawo untuk Ibu Hamil Muda dan Tua : Manfaat Bahaya
























Buah untuk ibu hamil di semua trimester memang sangat penting. Berbagai jenis buah yang menyehatkan bisa membantu tubuh ibu mendapatkan nutrisi yang tepat. Ada banyak jenis buah yang bisa dikonsumsi untuk ibu hamil di semua trimester. Tapi apakah ibu pernah meragukan untuk makan buah sawo. Ya, ini adalah jenis buah tropis sehingga banyak ditemukan di Indonesia. Buah bisa ditemukan sepanjang tahun dan rasanya sangat manis. Anda masih ragu untuk makan buah sawo saat hamil. Berikut ini berbagai informasi lengkap tentang manfaat dan bahaya buah sawo untuk ibu hamil.


Manfaat



  1. Baik untuk pencernaan


Buah sawo mengandung serat yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk pencernaan ibu hamil. Ibu hamil susah BAB bisa mengkonsumsi buah sawo agar pencernaan menjadi lebih lancar. Hanya saja ibu harus makan buah sawo yang benar-benar sudah matang sempurna dan bukan buah sawo yang diperam dengan bahan kimia seperti obat pemeram buah.




  1. Menurunkan berat badan


Karena buah sawo sangat baik untuk pencernaan maka buah ini juga penting untuk menurunkan berat badan. Jika ibu mengalami obesitas saat hamil maka hindari semua bahaya obesitas bagi ibu hamil dengan buah sawo. Hanya saja buah ini juga mengandung kadar gula yang sangat tinggi sehingga perhatikan untuk mengurangi semua makanan manis saat sering makan buah sawo.



  1. Mencegah tubuh mudah sakit


Ibu hamil memang sangat mudah sakit dan lelah. Semua itu bisa terjadi karena pertumbuhan janin dalam rahim yang terus membesar. Untuk mengatasi ini maka ibu bisa mencoba mengkonsumsi buah sawo. Buah mengandung sumber sukrosa dan fruktosa alami yang bisa memberi energi untuk tubuh. Kemudian efeknya bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.





  1. Baik untuk kesehatan kulit dan mata


Buah sawo ternyata juga mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Hasilnya buah sawo sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan membuat kulit ibu menjadi lebih halus. Ini juga sangat penting untuk menghancurkan patogen dalam tubuh ibu. Kemudian saat hamil maka terjadi perubahan hormon yang bisa menyebabkan bintik hitam. Dengan makan buah sawo maka bisa mencegah hiperpigmentasi setelah melahirkan.



  1. Membantu mencegah anemia


Anemia pada ibu hamil adalah hal yang sangat biasa. Tapi ini bisa menjadi sangat mengganggu karena ibu menjadi lebih mudah lelah dan lemah. Terlebih jika terjadi saat trimester satu dimana ibu juga menghadapi morning sickness yang berat. Untuk mencegah agar sel darah merah sesuai dengan kebutuhan maka cobalah mengkonsumsi buah sawo. Buah yang manis ini mengandung zat besi yang tinggi sehingga akan mencegah anemia.



  1. Meredakan nyeri otot


Saat hamil maka tubuh ibu juga akan menjadi lebih mudah lelah. Semua bisa terjadi karena otot tubuh ibu juga bekerja ekstra untuk menghadapi perubahan ini. Akhirnya tubuh ibu akan mudah terasa sakit, nyeri otot pada kaki, tangan, punggung dan pinggang. Buah sawo mengandung bahan alami yang akan mengurangi infeksi akibat bakteri dan virus. Kemudian bahan ini juga penting untuk mencegah otot tubuh menjadi lebih mudah sakit dan tubuh ibu akan lebih nyaman.



  1. Membantu mengatasi stres


Makan buah sawo saat hamil juga bisa menjadi cara menghilangkan stres saat hamil yang sangat alami. Buah sawo ternyata mengandung obat penenang alami yang akan membantu tubuh dan sistem syaraf ibu menjadi sangat santai. Kemudian ini sangat penting untuk menurunkan rasa tegang pada syaraf. Efeknya bisa membantu ibu mengatasi insomnia dan serangan panik.



  1. Menjaga kesehatan ginjal ibu


Selama hamil maka tubuh ibu bisa memiliki banyak racun. Racun bisa membuat tubuh ibu mudah lelah dan ginjal terkena dampak yang lebih berbahaya. Untuk mengatasi ini maka mengkonsumsi buah sawo bisa membuat ginjal menjadi lebih bersih. Buah sawo mengandung senyawa kimia yang akan membuat racun dengan cara meningkatkan volume air seni. Proses ini membuat tubuh ibu menjadi lebih bersih dan sehat.


Bahaya



  1. Membuat tubuh ibu lebih gemuk


Ketika ibu sangat suka makan buah sawo maka ibu perlu mempertimbangkan bahaya seperti kenaikan berat badan. Buah sawo mengandung rasa manis yang sangat tinggi sehingga meningkatkan jumlah kalori yang masuk tubuh ibu. Akhirnya berat badan ibu akan naik dengan cepat. Ini sangat tidak baik karena bisa menyebabkan tubuh ibu terkena diabetes dan bayi besar dalam kandungan.



  1. Membuat perut kembung dan tidak nyaman


Terlalu banyak mengkonsumsi buah sawo untuk ibu hamil juga bisa menyebabkan perut kembung. Ini sangat tidak nyaman karena ibu bisa merasa mual, muntah dan tidak bisa makan dengan baik. Jadi akhirnya ibu akan merasa sakit perut. Dan ini juga berbahaya untuk janin. Jadi lebih baik ibu mengurangi jumlahnya saat makan buah sawo.




  1. Panas pada tenggorokan


Kulit buah sawo memang kasar dan sebenarnya tidak memiliki rasa. Jika ibu makan buah sawo dengan kulit maka bisa menyebabkan sakit dan panas pada tenggorokan. Ini hal yang sangat tidak nyaman karena getah yang menempel pada tenggorokan. Jadi ibu sebaiknya juga harus mengupas sawo saat akan makan. Dan hindari makan berlebihan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan mulut ibu hamil.


Jadi inilah semua manfaat dan bahaya buah sawo untuk ibu hamil muda dan tua. Buah sawo memang sangat menyehatkan untuk ibu dan janin dalam kandungan. Tapi hindari makan berlebihan agar tidak terkena bahayanya.
































0 Response to "Buah Sawo untuk Ibu Hamil Muda dan Tua Manfaat Bahaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...