Apakah Benar Bayi Akan Demam Saat Tumbuh Gigi




Seringnya, ibu berpikir bahwa demam pada bayi disebabkan karena bayi sedang mengalami pertumbuhan, tumbuh gigi misalnya. Tumbuh gigi pada bayi memang menjadi suatu hal yang menyakitkan untuk bayi. Bayi menjadi tidak nyaman dengan dirinya, menjadi lebih cengeng, dan rewel. Terkadang, demam juga bisa menyertai gejala tumbuh gigi pada bayi. Namun, benarkah bayi pasti demam saat tumbuh gigi? Ataukah ada hal lain yang menjadi penyebabnya?


Demam saat tumbuh gigi, apakah pasti akan terjadi?


Ternyata ini hanyalah mitos belaka. Tidak ada fakta atau penelitian yang menunjukkan bahwa demam pasti terjadi pada bayi yang sedang tumbuh gigi. Prof. Melissa Wake, peneliti dari Centre for Community Child Health di Royal Childrens Hospital di Melbourne, pun telah melakukan penelitian tentang hal ini pada tahun 1990-an. Hasil dari penelitian tersebut mengatakan bahwa bayi tidak mengalami peningkatan suhu yang signifikan saat mereka tumbuh gigi.


Tapi, demam saat tumbuh gigi pada bayi mungkin saja terjadi. Ini bukan karena tumbuh giginya, tapi lebih kepada karena bayi terkena infeksi dari luar yang menyebabkan bayi sakit demam. Adanya kuman atau bakteri yang masuk ke tubuh bayi dapat menyebabkan infeksi, sehingga demam muncul sebagai respon dari tubuh dalam melawan zat asing.


Tumbuh gigi pada bayi biasanya dimulai pada usia 4 sampai 7 bulan dan berakhir kira-kira pada usia 24 bulan. Pada usia ini, biasanya bayi sedang suka-sukanya belajar mengenai hal baru. Apapun yang ada di genggamannya bisa saja masuk ke mulut bayi. Benda-benda apapun dapat digigit atau dijilat oleh bayi untuk menenangkan gusinya yang ingin tumbuh gigi. Padahal, benda tersebut mungkin saja mengandung kuman dan bakteri. Hal ini membuat kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh bayi, sehingga mengakibatkan bayi sakit demam, diare, atau pilek.


Apa saja tanda bayi akan tumbuh gigi?


Sudah dijelaskan di atas bahwa demam bukan merupakan tanda bayi tumbuh gigi. Lalu, apa yang dapat menandakan bahwa bayi sedang tumbuh gigi? Berikut ini merupakan tanda-tanda umum bayi sedang tumbuh gigi, yaitu:



  • Sering meneteskan air liur

  • Gusi bengkak atau memerah

  • Bayi mudah marah

  • Bayi lebih rewel dan lebih sering menangis dari biasanya

  • Bayi sulit tidur

  • Bayi sering terlihat berusaha menggigit, mengunyah, atau mengisap sesuatu

  • Bayi suka menggosok-gosok wajahnya

  • Bayi kurang nafsu makan

  • Bayi suka mengusap telinganya

  • Ada gigi yang terlihat di bawah gusi


Jika bayi Anda menunjukkan beberapa tanda-tanda tersebut, kemungkinan besar bayi Anda sedang tumbuh gigi. Tanda-tanda tersebut bisa berlangsung hanya beberapa hari, di saat gigi bayi benar-benar baru muncul. Tapi, bayi yang sedang tumbuh gigi juga kadang tidak memunculkan tanda atau gejala apapun. Sehingga, mungkin sulit bagi ibu mengetahui kapan bayinya mulai tumbuh gigi sebelum giginya benar-benar muncul.


0 Response to "Apakah Benar Bayi Akan Demam Saat Tumbuh Gigi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...