6 Penyebab Anda Mengalami Sakit Pinggang Sebelah Kanan




Apakah Anda pernah merasakan sakit pinggang kanan? Umumnya sakit pinggang merupakan gejala yang sering dikeluhkan oleh orang dewasa ataupun lansia. Namun rasa nyeri yang menimbulkan sakit pinggang kanan disebabkan oleh banyak faktor mulai dari yang ringan sampai yang berat atau serius. Beberapa kondisi yang menyebabkan sakit pinggang kanan, yaitu:


1.  Penyakit ginjal


Kedua ginjal di tubuh manusia berada di dalam ruang panggul. Jika ginjal mengalami luka, trauma atau fungsi yang abnormal pada salah satu atau kedua ginjal, hal ini yang menyebabkan Anda mengalami masalah di bagian pinggang. Jika ginjal sebelah kanan yang bermasalah, maka Anda akan mengalami sakit pinggang di bagian kanan, begitu juga sebaliknya. Beberapa penyakit ginjal yang mungkin terjadi seperti batu ginjal, infeksi, ataupun penyakit ginjal lainnya.


2. Irritable bowel syndrome


Iritable bowel syndrome (IBS) adalah penyakit gangguan sistem pencernaan yang mempengaruhi kerja usus besar sehingga membuat kontraksi otot di bagian usus besar abnormal. Penyakit ini termasuk umum terjadi, biasanya mulai dari masa remaja tapi mungkin baru menunjukkan gejala pada usia yang lebih tua namun lebih banyak terjadi pada wanita dibanding pria. Pemicu penyakit ini meliputi kebiasaan makan, diet dan stres. Umumnya gejala IBS meliputi kembung, sembelit, diare, dan nyeri di perut bagian bawah.


3. Penyakit radang panggul


Pelvis Inflammatory Diseases (PID) disebut juga sebagai penyakit radang panggul adalah peradangan yang terjadi di sistem reproduksi dan saluran kemih wanita, termasuk rahim, ovarium, saluran tuba dan uretra. PID adalah penyebab umum nyeri pada sisi kanan pinggang dan perut pada wanita. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang ditularkan melalui hubungan seksual.  Umumnya gejala PID adalah mengalami keputihan yang abnormal dan merasakan sakit saat buang air kecil.


4. Radang usus buntu


Jika Anda memiliki rasa sakit di sisi kanan pinggang yang berlangsung selama beberapa hari disertai dengan kehilangan nafsu makan, mual, muntah dan demam, Anda bisa jadi mengalami radang usus buntu atau bahasa medisnya disebut apendisitis.


Usus buntu merupakan suatu kondisi yang sering dan dapat terjadi pada semua usia. Namun kebanyakan penyakit ini terjadi pada usia 10 sampai 30 tahun. Pada kebanyakan kasus, nyeri yang berhubungan dengan apendisitis dimulai di bagian atas sekitar pusar, lalu menyebar ke sisi kanan bawah perut selama satu sampai dua hari. Sebagian orang yang mengalami usus buntu merasakan rasa sakit di sisi kanan yang menetap dan terasa semakin parah apabila bergerak.


5. Gangguan pada empedu


Jika kantung empedu seseorang mengalami peradangan atau kram biasanya akan menyebabkan rasa sakit yang menjalar sampai ke bagian pinggang sehingga menyebabkan sakit pinggang kanan. Selain itu, beberapa orang yang mengalami gangguan di empedunya juga merasakan mual atau bahkan muntah ketika makan. Umumnya gangguan empedu yang paling sering dialami adalah batu empedu dan kolik empedu.


6. Penyebab lain yang tidak serius


Sakit pinggang kanan sebagian besar disebabkan masalah yang tidak serius dan akan membaik dengan sendirinya. Beberapa kebiasaan buruk bisa menyebabkan sakit pinggang seperti posisi Anda duduk, berdiri, bekerja, akibat mengangkat sesuatu, merokok, aktivitas olahraga, kebiasaan makan, minum dan stres. Selain itu indikasi dari adanya cedera, tegang otot, linu pinggul, gangguan pada tulang belakang dan masih banyak lagi juga bisa pemicu sakit pinggang kanan. 


Jika Anda mengalami sakit pinggang yang tidak biasa dan cenderung berulang, baiknya Anda jangan menyepelekan gejela tersebut. Segeralah berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes seperti tes X-ray atau MRI agar memastikan penanganan yang lebih lanjut. Pasalnya pinggang berfungsi sebagai salah satu organ yang menunjang aktivitas tubuh, oleh sebab itu jika tidak ditangani bisa berakibat fatal bagi kesehatan.


0 Response to "6 Penyebab Anda Mengalami Sakit Pinggang Sebelah Kanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...