5 Nutrisi Penting yang Terkandung Dalam ASI




ASI adalah sumber makanan utama bagi bayi. Pakar kesehatan sepakat bahwa menyusui adalah metode pemberian makan yang terbaik untuk bayi yang baru lahir. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa bayi ASI ekslusif memiliki fungsi kognitif otak yang lebih optimal. Itu karena ada begitu banyak nutrisi di dalamnya yang bisa menguntungkan tumbuh kembang si kecil.  Lantas, apa saja kandungan nutrisi ASI?


Kandungan nutrisi ASI bisa berbeda-beda setiap waktu


Kandunan nutrisi ASI bisa berbeda sepanjang masa menyusui. Misalnya di awal masa menyusui, ASI akan paling banyak mengandung protein asam amino dalam bentuk kolostrum.


Seiring waktu, kandungan ASI akan lebih banyak terbuat dari lemak dan gula untuk tetap mempertahankan sumber energi bagi bayi.


Nah, menjelang masa akhir menyusui, atau masa sapih, ASI akan lebih banyak mengandung lemak dan protein.


Kandungan nutrisi ASI yang bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi


Hampir 90% komposisi ASI terbuat dari air. Sisanya adalah berbagai nutrisi penting, seperti:


Protein


Sama seperti susu lainnya, ASI adalah sumber protein tinggi. Namun, kualitas protein ASI jauh lebih tinggi daripada susu sapi karena mengandung asam amino yang lebih lengkap. Protein asam amino membantu mengembangkan dan mematangkan jaringan otak bayi.


Kandungan protein ASI paling banyak ditemukan pada masa awal menyusui, dalam bentuk kolostrum alias ASI pertama.


Karbohidrat


ASI tinggi karbohidrat dan gula laktosa yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tumbuh kembang otak anak.


Kadarnya juga berbeda dibandingkan dengan gula laktosa di susu sapi atau susu formula biasa. Kadar laktosa dalam ASI dua kali lebih banyak dibanding dengan susu yang bukan ASI.


Kadar karbohidrat ASI tidak begitu banyak pada masa awal menyusui, namun akan semakin menigkat secara alami setelah beberapa minggu Anda melahirkan. Selebihnya, kandungan karbohidrat pada ASI akan stabil selama masa menyusui.


Lemak


Lemak yang terkandung dalam ASI adalah jenis lemak baik, termasuk juga asam lemak omega-3 dan omega-6, yang baik untuk tumbuh kembang otak bayi. Bahkan, kandungan lemak dalam ASI jauh lebih tinggi daripada susu formula.


Karnitin


Karnitin adalah salah satu nutrisi ASI yang penting untuk membangun sistem imun dan membentuk energi bagi tubuh bayi.


Karnitin paling banyak ditemukan dalam 3 minggu awal menyusui. Itu sebabnya masa-masa awal menyusui adalah penting dan kalau bisa, tidak boleh terlewatkan.


Vitamin


ASI mengandung segudang vitamin yang penting untuk bayi.


Antara lain adalah vitamin K yang mengatur sistem pembekuan darah; vitamin D yang berfungsi membangun kekuatan tulang dan gigi bayi; vitamin E yang membantu pembentukan sel darah merah; dan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, perkembangan pembelahan sel, hingga memaksimalkan kekebalan tubuh bayi.


0 Response to "5 Nutrisi Penting yang Terkandung Dalam ASI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...