5 Manfaat Olahraga untuk Psikologis Anak




Bila kita berbicara tentang manfaat olahraga bagi kesehatan fisik, rasanya hampir semua orang pernah tahu. Olahraga dapat menjauhkan dari obesitas, mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang), mencegah penyakit jantung, dan berbagai manfaat lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa olahraga juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jiwa atau psikologis anak?


Olahraga mengajarkan anak akan banyak hal. Anak dapat mendapatkan kesenangan dari olahraga permainan sekaligus belajar mengenai interaksi dengan pelatih dan kerja sama tim. Selain itu, anak bisa mengeksplorasi dan melatih hal baru, misalnya komitmen, disiplin, keterampilan motorik, dan keterampilan bersosialisasi dengan teman-teman baru.


Apa saja manfaat olahraga untuk anak dari sisi psikologis?


Berikut adalah manfaat yang penting bagi kesehatan jiwa atau psikologis anak.


1. Mencegah depresi


Depresi juga dapat dialami oleh anak, terutama anak remaja perempuan. Menurut Williams et al, olahraga dapat menurunkan risiko anak untuk mengalami depresi. Ketika anak dapat berpartisipasi dengan baik dalam olahraga, anak akan merasa puas akan apa yang dapat dicapai oleh dirinya. Maka tidah heran, bila partisipasi dalam olahraga mampu melindungi anak dari rasa tidak berdaya dan keinginan untuk bunuh diri.


2. Meningkatkan rasa percaya diri


Olahraga juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Findlay et al menemukan bahwa olahraga dapat menolong anak yang memiliki sifat pemalu menjadi lebih percaya diri. Dalam penelitian ini, setelah menjalani olahraga selama beberapa waktu, sedikit demi sedikit kekhawatiran dan rasa malu yang dimiliki anak semakin berkurang.


3. Memberikan rasa bahagia (good well-being) dan mengurangi stres


Penelitian yang dilakukan Michaed et al menemukan bahwa anak yang sering melakukan olahraga cenderung merasa bahagia dibanding mereka yang tidak. Penelitian lain menunjukkan bahwa anak yang aktif berpartisipasi dalam olahraga cenderung memiliki stres emosional yang lebih ringan.


4. Membangun karakter


Anak-anak yang sering berolahraga akan lebih berpengalaman dengan aturan fair play atau untuk berlaku adil antar sesama. Pengalaman ini juga akan membentuk karakter anak menjadi seseorang yang tangguh, dapat diandalkan, memiliki komitmen dan motivasi yang baik, serta melatih anak menjadi seseorang yang cerdik.


5. Membuat anak jarang berulah


Segrave et al menemukan bahwa tingkat kenakalan remaja lebih rendah pada mereka yang sering berolahraga. Terdapat beberapa teori yang mendasari ini. Salah satu teori mengatakan bahwa olahraga dapat melepaskan energi berlebih sang anak sehingga ia tidak menggunakan energi berlebih ini untuk berbuat nakal. Teori lainnya mengatakan, olahraga membuat sang anak menjadi terlalu lelah untuk berbuat nakal.


Maka dari itu, biarkanlah anak Anda berpartisipasi dalam olahraga. Biarkan anak Anda merasakan senangnya bermain bersama teman dan mengeksplorasi kemampuan diri. Biarkan ia berkembang menjadi individu yang lebih kuat bukan hanya dari segi fisik, tapi juga dari segi mental kejiwaan.


0 Response to "5 Manfaat Olahraga untuk Psikologis Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...