5 Langkah Mengobati Cacar Air Pada Anak




Cacar air adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella-zoster, salah satu jenis virus herpes. Sebagian besar anak menderita cacar air di suatu tahap, biasanya sebelum usia 10 tahun. Dalam infeksi ini, sistem kekebalan tubuh memproduksi protein yang disebut antibodi yang melawan virus. Oleh karena itu, kebanyakan anak dan orang dewasa yang terkena cacar air hanya membutuhkan perawatan di rumah.


Cara mengobati cacar air pada anak


1. Mengurangi gatal


Bintik cacar air terasa gatal, tetapi Anda tidak boleh menggaruknya karena dapat menyebabkan infeksi kulit, atau bekas luka dapat terbentuk setelah bintik tersebut sembuh. Ada banyak cara untuk mengendalikan rasa gatal seperti mandi oatmeal, mengaplikasikan kompres dingin, atau menggunakan antihistamin. Orang tua harus berdiskusi dengan dokter anak sebelum memberikan obat kepada anak.


2. Menurunkan suhu tubuh


Demam hanyalah respon tubuh yang normal terhadap infeksi untuk membunuh bakteri dan virus penyebab sakit. Pasien hanya boleh menggunakan obat bebas untuk menurunkan suhu tubuh jika demam menyebabkan ketidaknyamanan, dan ikuti petunjuk kemasan dengan seksama. Sebelum memberikan obat kepada anak, konsultasikan pada dokter terlebih dahulu.


Jangan memberikan aspirin kepada anak, dikarenakan risiko sindrom Reye (masalah serius yang biasa dialami anak yang menggunakan Aspirin).


3. Mencegah penyebaran infeksi


Cacar air adalah penyakit yang paling menular. Sebagian besar kasus terjadi setelah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi. Jika anak Anda terkena cacar air, jangan membiarkannya kembali bersekolah sebelum semua bintik cacar mengerak, biasanya sekitar 10 hari setelah kemunculan gejala pertama.


Untuk mencegah cacar air, kebanyakan orang bisa mendapatkan vaksin cacar air saat mereka masih kecil.


4. Mengurangi ketidaknyamanan akibat cacar air


Beberapa obat dapat membantu pasien mengurangi tingkat keparahan cacar air:



  • Vaksin cacar air. Jika seseorang terpapar virus cacar air dan mendapatkan vaksin dalam 3 hari, ia mungkin bisa tidak sakit, atau penyakitnya bersifat ringan.

  • Imunoglobulin. Injeksi imunoglobulin dapat membantu mencegah cacar air yang parah dan terkadang ini diberikan kepada ibu hamil, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan bayi baru lahir yang telah terpapar virus cacar air dan belum pernah terinfeksi sebelumnya.


5. Obat-obatan untuk meredakan rasa sakit


Setelah Anda mengalami gejala cacar air, Anda dapat menggunakan obat-obatan bebas untuk membantu meredakan ketidaknyamanan seperti Acetaminophen atau antihistamin. Sebelum memberikan obat kepada anak, orang tua harus berdiskusi dengan dokter untuk menentukan jumlah yang tepat untuknya.


Namun, setiap orang yang terkena cacar air perlu menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat di rumah dan untuk mencegah komplikasi serius.


Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.


0 Response to "5 Langkah Mengobati Cacar Air Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...