5 Fakta Menarik Ini Bakal Bikin Anda Lebih Rajin Merawat Kulit Kepala




Seperti yang diketahui, kulit merupakan organ tubuh terbesar yang ada di pada manusia, hal ini pun mencakup pada kulit di bagian kepala. Selain fakta tersebut, kulit kepala yang mati lebih sering dikenal sebagai ketombe. Nah, apa lagi fakta menarik lainnya tentang kulit di kepala? Yuk, simak hal menarik lainnya di bawah ini.


Fakta penting tentang kulit kepala manusia


1. Kulit di kepala juga mengeluarkan minyak


Sama seperti kulit wajah pada umumnya, kulit bagian kepala juga memiliki kelenjar sebasea. Kelenjar ini menghasilkan sebum atau minyak alami, seperti halnya sebum-sebum di area tubuh lainnya.


Sebum memiliki berbagai macam fungsi. Sebum berperan penting dalam pembentukan struktur kulit, membawa antioksidan ke permukaan kulit dan melindungi dari kuman dan bakteri. Selain itu, sebum juga melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet.


2. Ketombe bukan karena kulit bagian kepala yang mengering


Banyak orang berpikir kalau ketombe merupakan hasil dari kulit kepala yang kering lalu mengelupas. Sayangnya, hal itu tidak benar.  Jessica Wu, M.D., seorang dokter spesialis kulit di University of Southern California Medical School menyatakan, kalau ketombe terjadi akibat adanya jamur yang tumbuh berlebihan. Jamur ini kemudian memakan minyak berlebih dan sel kulit mati  sehingga lebih banyak sel kulit mati yang muncul dan menggumpal.


3. Kulit di kepala juga butuh kadar pH yang seimbang


Keseimbangan pH nyatanya sangat penting untuk kesehatan kulit di kepala dan rambut Anda. Biasanya, kadar pH ini suka menjadi kacau dan terganggu jika Anda salah menggunakan sampo atau produk perawatan rambut yang lainnya. Tak jarang juga keimbangan pH yang terganggu ini bisa buat kulit di kepala jadi gatal, memerah dan berketombe.  


Menurut penelitian kesehatan terbaru, pH kulit kepala yang normal adalah 5,5. Sedangkan pH batang rambut yang normal dan sehat adalah 3,67. Ternyata pemakaian shampo dengan pH lebih dari 5,5 bisa membuat rambut menjadi mudah kusut dan patah serta mengiritasi kulit kepala.


Jika Anda mengalami masalah pada pH pada kulit di kepala, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli kesehatan kulit dan rambut untuk menemukan produk atau sampo yang tepat untuk rambut Anda.


4. Ingin menjaga dan memiliki kulit kepala yang sehat? Sering-seringlah keramas


Biasanya, dokter kulit memperingatkan Anda agar tidak keramas setiap hari. Karena dikhawatirkan akan membuat kulit kepala kehilangan minyak alaminya dan berujung pada iritasi. Tapi hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang punya masalah ketombe. Ya, ketombe membutuhkan perlawanan dan perawatan yang sebaliknya.


Stuart H. Kaplan, seorang dermatolog di Beverly Hills menyatakan, kalau masalah ketombe harus ditangani dengan tepat. Salah satunya adalah dengan rajin keramas dan pakai sampo anti ketombe yang tepat. Gunakan sampo anti ketombe yang mengandung zat ketoconazole, selenium sulfide, atau zink.


Jika Anda memiliki jenis rambut yang kasar namun berketombe, Anda juga disarankan menggunakan conditioner khusus rambut berketombe.


5. Masalah ketombe tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikontrol


Sayangnya, sampai saat ini belum diketahui bagaimana ketombe bisa disembuhkan hinga tuntas. Walau sudah menghilang, nyatanya ketombe atau sel kulit kepala yang mati ini akan muncul lagi. Meski begitu, Anda masih bisa mengontrol dan mencegah ketombe datang kembali.


Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengindari makan-makanan berlemak yang bikin ketombe jadi muncul lebih parah. Baiknya Anda makan asupan sehat seperti beragam buah, sayuran dan makan yang mengandung zink serta vitamin B.


0 Response to "5 Fakta Menarik Ini Bakal Bikin Anda Lebih Rajin Merawat Kulit Kepala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...