Makanan Sehat Untuk Perkuat Tulang

Kalsium dan vitamin D adalah dua nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Ada baiknya, kedua nutrisi tersebut masuk dalam makanan sehat yang Anda konsumsi setiap harinya. Dengan mencukupi asupan kalsium dan vitamin D, akan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

Osteoporosis adalah kondisi di mana bagian tulang menjadi lemah, sehingga berisiko patah tulang. Dari berbagai hasil penelitian, dibanding pria, wanita lebih rentan mengalami osteoporosis, terutama wanita berusia 50 tahun ke atas. Pasalnya, wanita memiliki massa tulang 30 persen lebih sedikit dibanding pria. Karena itu, sangat penting memenuhi nutrisi kalsium dan vitamin D sejak dini.

Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi, agar memiliki tulang yang sehat dan kuat:

1.    Produk susu
Susu serta produk olahannya seperti keju dan yoghurt kaya akan kandungan kalsium dan juga vitamin D. Kalsium berfungsi untuk membantu agar tulang tetap kuat. Setiap harinya, tubuh akan mengeluarkan kalsium dari tulang dan menggantinya dengan kalsium baru. Jika kalsium yang keluar tidak sebanding dengan kalsium baru, maka tulang perlahan akan menjadi lemah dan berisiko mengalami osteoporosis. Konsumsi 700mg/hari produk setiap harinya.

2.    Jenis Ikan laut
Susu dan produk susu, bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan kalsium. Konsumsi ikan sarden juga bisa dilakukan sebagai pilihan lain. Apalagi jika Anda bukan penyuka susu. Hal itu dikarenakan, kandungan kalsium yang tinggi pada tulang kecil dan lunak ikan sarden dapat membantu pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang.  Ikan sarden dan salmon juga mengandung vitamin D dan omega-3 yang dapat membantu penyerapan kalsium dan mencegah osteoporosis.

3.    Sayuran hijau
Beberapa jenis sayuran hijau, seperti sayur sawi, lobak, brokoli, bayam dan kangkung mengandung banyak kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Bahkan, dalam sayuran hijau juga terkandung berbagai vitamin lain, seperti vitamin C dan vitamin A yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

4.    Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang-kacangan, seperti kacang kenari, kacang tanah dan kacang almond mengandung asam lemak omega-3 dan potasium yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. Tak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung protein dan nutrisi yang dapat menjadi pendukung dalam membangun tulang yang kuat. 
 
Ditinjau oleh: dr. Nina Amelia Gunawan

0 Response to "Makanan Sehat Untuk Perkuat Tulang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...