Amankah Air Putih Bagi Bayi

?

Tak sedikit ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui bayinya, merasa khawatir jika bayi tidak mendapatkan cukup ASI (Air Susu Ibu). Alasan inilah yang biasanya membuat ibu memberikan air putih pada bayi. Sebenarnya, bolehkah memberikan air putih pada bayi, apalagi jika usianya kurang dari 6 bulan?

Pemberian air putih bagi bayi sebenarnya tidak boleh dilakukan. Hal tersebut dapat membahayakan bayi Anda. Kecuali dalam hal tertentu, misalnya bayi dalam keadaan sakit atau atas anjuran dokter. Pemberian air putih bada bayi, seringkali dapat menyebabakan penurunan berat badan, dan pada bayi yang diberikan ASI akan mengurangi pasokan ASI. 

Ini dikarenakan rasa air putih yang lebih segar dibanding ASI. Sehingga, bayi senang mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak, yang akhirnya membuat bayi merasa kenyang. Saat kenyang inilah, bayi akan menolak mengonsumsi ASI. Padahal, nutrisi yang terkandung dalam air putih jauh berbeda dengan nutrisi yang terkandung dalam ASI. Tak heran, jika kemudian bayi mengalami penurunan berat badan.

Sebabkan Keracunan Air
Selain itu, pemberian air putih pada bayi juga dapat menyebabkan keracunan air, suatu kondisi dimana natrium (sodium) dalam darah akan dikeluarkan tubuh, menghambat fungsi tubuh normal dan menyebabkan suhu tubuh menjadi rendah atau kejang. Tidak hanya itu, kehilangan natrium juga dapat memengaruhi aktivitas otak.
 
Asupan terbaik bagi bayi kurang dari 6 bulan hanyalah ASI, susu formula pun bisa diberikan jika ada indikasi medis dan disarankan oleh dokter. Pemberian ASI merupakan asupan yang  cukup nutrisi untuk bayi. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli gawat darurat anak dari John Hopkins Childrens Center yang bernama dr. Jennifer Andreas mengatakan tidak disarankan memberikan air putih pada bayi di bawah 6 bulan. Hal ini dikarenakan ginjal bayi belum matang atau belum berkembang secara sempurna.

Pada bayi kurang dari 6 bulan, ginjal belum mampu mengeluarkan air dengan cepat, sehingga menyebabkan timbunan air di dalam tubuh yang dapat membahayakan bayi. Gejala awal dari indikasi keracunan air adalah bayi terus menerus merengek, mengantuk dan mengalami perubahan mental. 

Air putih boleh diberikan pada bayi jika usianya telah lebih dari 6 bulan atau pada bayi yang sudah makan makanan padat atau MPASI. Selain itu, pemberian air putih pada bayi juga harus dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu, untuk menghindari segala kemungkinan yang bisa muncul dan membahayakan bayi. (DV)

Ditinjau oleh: dr. Tri Ari Wibowo

0 Response to "Amankah Air Putih Bagi Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...