8 Aturan Pakai Makeup Saat Sedang Jerawatan




Pakai makeup saat jerawatan memang menjadi dilema buat banyak wanita. Satu sisi ingin tampil cantik dengan balutan makeup, tapi satu sisi takut jerawat di wajah jadi tambah meradang. Serba salah, bukan? Sebenarnya Anda tidak perlu segalau itu perihal akan memakai makeup atau tidak. Anda hanya perlu mengikuti beberapa aturan makeup untuk kulit berjerawat di bawah ini. Apa saja yang perlu dilakukan?


Aturan yang harus dipatuhi untuk pakai makeup saat jerawatan


1. Jangan lupa pakai pelembab


Langkah pertama pakai makeup saat jerawatan adalah memakai pelembab terlebih dahulu. Bagi kulit yang jerawatnya tingkat parah, lebih baik menggunakan pelembab kulit dari resep dokter atau setidaknya gunakan yang terdapat kandungan benzoyl peroxide. Bahan tersebut akan meredakan peradangan jerawat. Pilih juga pelembab yang bebas minyak, dengan menggunakan bahan asam hyaluronic dan gliserin karena akan membuat kulit lebih lembab tidak kering


2. Kenali bahan-bahannya sebelum membeli make up


Sebelum Anda membeli produk makeup baru, cek bahan-bahan make up tersebut. Periksa bahan-bahan yang akan membuat kulit Anda meradang. Bekali juga diri Anda dengan pengetahuan bahan-bahan mana yang baik dan tidak baik untuk kulit yang sedang berjerawat.  


3. Gunakan primer


Aturan pakai makeup saat jerawatan yang ketiga ini, suka banyak dilupakan oleh wanita, yaitu memakai primer. Peran primer pada kulit yang berjerawat sangat besar. Primer membantu  mengurangi pori-pori terbuka dan dengan demikian menghentikan penyumbatan kulit yang menjadi alasan utama mengapa jerawat makin suka muncul.


4. Hindari semua produk makeup yang membuat wajah Anda berminyak


Ketika membeli produk makeup, pastikan yang Anda beli adalah produk ringan dan tidak berminyak. Produk yang harus Anda cari selain anti minyak adalah produk yang mengandung bahan hypoallergenic dan non-comedogenic.


5. Pakai sunscreen


Banyak yang bilang kalau sunscreen membuat jerawat malah makin menjadi. Tapi, sejauh ini fakta malah berkata sebaliknya. Pemilihan sunscreen yang salah untuk kulit Andalah yang menjadi penyebab jerawat. Karena pada dasarnya sunscreen dengan SPF yang tinggi memang bersifat berminyak, akibat bahan utamanya adalah minyak. Bagi yang berjerawat, Anda bisa memilih sunscreen berbahan dasar gel yang akan mengurangi produksi jerawat.


6. Pastikan alat makeup rajin dibersihkan


Kuas makeup atau biasa disebut aplikator harus selalu bersih. Pakai makeup saat berjerawat memang membuat Anda rentan terhadap kuman-kuman yang ada pada kuas. Bakteri dan kuman dengan mudah berpindah dari kuas ke ke kulit wajah jika memang Anda malas membersihkan alat makeup. Cuci seminggu 3 kali dan hindari dari tempat yang terbuka, simpan di tempat yang sejuk.


7. Coba beralih ke merk makeup yang lain


Bisa jadi, merk atau makeup yang biasa Anda gunakan bukan jenis yang cocok untuk kulit berjerawat Anda. Nah, jangan pernah mengikuti kata orang untuk menggunakan jenis atau merk make up yang sama. Karena semua makeup punya respon yang berbeda-beda pada kulit wajah orang. Dengan beralih ke merk lain, mungkin Anda akan menemukan makeup yang tepat untuk wajah Anda.


8. Coba sekali-kali tampil tanpa make up


Pakai makeup saat jerawatan, sebenarnya hanya akan membuat kulit wajah makin memburuk. Coba gunakan makeup sesekali, atau bila wajah benar-benar perlu sekali untuk dirias. Dengan tidak menggunakan makeup, Anda juga membantu wajah Anda beristirahat dari bahan kimia dan memberikan kesempatan kulit untuk bernapas menghirup oksigen tanpa hambatan bahan kimia.


0 Response to "8 Aturan Pakai Makeup Saat Sedang Jerawatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...