4 Kesalahan Saat Memasak Bikin Berat Badan Anda Sulit Turun

Membiasakan memasak makanan sendiri di rumah merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh kita lebih sehat. Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Publik Health Nutrition pada 2015 menemukan bahwa memasak di rumah dapat membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit lemak, karbohidrat, dan gula dibandingkan Anda makan di restoran. 

Namun, itu tidak berarti Anda boleh makan apa saja setiap hari. Makanan rumahan sama tidak sehatnya dengan di restoran bila Anda menggunakan bahan-bahan yang tidak sehat, metode memasak yang salah dan tidak memerhatikan porsi, kata Jackie Topol, MS, RD, ahli gizi di New York City. 
Berikut ini kesalahan memasak yang akan membuat berat badan Anda melambung: 

Terlalu banyak minyak
Menurut Topol, banyak orang tidak menyadari berapa kalori yang mereka konsumsi  ketika menambahkan terlalu banyak minyak ke dalam masakan mereka. Makanan dapat menyerap minyak dan itu akan menambah kalori pada tubuh Anda. Gunakan selalu lemak sehat seperti minyak zaitun saat memasak. Takarannya tidak boleh terlalu bayak, cukup 2 sendok teh yang mengandung sektiar 80 kalori.  

Patuh pada resep 
Senang menonton acara memasak di televisi? Resep yang Anda lihat di TV  mungkin terlihat lezat, tapi mungkin tidak begitu bagus untuk ukuran pinggang Anda. Karena itu, jangan ragu untuk beradaptasi dari setiap resep yang Anda dapat. Jika sebuah resep menggunakan pasta biasa, tukarlah dengan gandum utuh sehingga Anda mendapat sentuhan ekstra sehat. Atau, jangan ragu untuk membagi dua setiap takaran dari bahan-bahan yang digunakan.  

Mengabaikan rempah-rempah 
Rempah-rempah seperti kunyit,  jahe, lengkuas, dan sebagainya,  bisa menambahkan rasa sekaligus mengurangi jumlah kalori.  Selain itu, rempah-rempah juga mengandung antioksidan, yang bisa membantu menangkis penyakit tertentu. Mulailah bereksperimen dengan bumbu dan rempah-rempah dalam masakan Anda. Misalya, taburi kunyit saat memasak nasi goreng, dan lainnya. 

Rajin mencicipi masakan
Sering mencicipi masakan yang sudah matang? Itu salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Selama ini Anda mungkin menganggap, mengigit satu atau dua potong makanan tidak akan membuat kalori Anda melonjak.  Padahal, jika tidak hati-hati, niat hanya menggigit satu potong bisa bertambah menjadi dua, tiga, dan seterusnya.  Itulah yang membuat kalori bertambah dan Anda sulit langsing meski Anda sudah makan makanan rumah. 

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

0 Response to "4 Kesalahan Saat Memasak Bikin Berat Badan Anda Sulit Turun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...