Tips Menghentikan Pendarahan Pada Luka Kepala

Luka kecil di kepala sering menimbulkan pendarahan karena wajah dan kulit kepala memiliki banyak pembuluh darah dekat permukaan kulit. Meskipun perdarahan mungkin mengkhawatirkan, namun ada beberapa pendarahan dan cedera yang dapat diobati sendiri dari rumah. Tapi penting pula untuk mengetahui perbedaan antara luka yang dapat Anda obati di rumah dan luka kepala yang membutuhkan pengobatan darurat. 

Jika luka kepala cukup dalam hingga hampir menembus tengkorak, terdapat cedera mata, bahkan terdapat darah yang keluar dari hidung atau telinga, segera lakukan pengobatan darurat ke rumah sakit terdekat dan jangan bertindak apapun yang menimbulkan tekanan pada korban.          

Sebelum Anda menghentikan pendarahan, sebaiknya Anda melakukan hal-hal berikut :

  • Cucilah tangan dengan air dan sabun (jika memungkinkan).
     
  • Jika mengobati orang lain, gunakan sarung tangan karet. Jika sarung tangan tidak tersedia, gunakan perantara plastik antara tangan dan luka. Penggunaan tangan kosong adalah solusi terakhir.
     
  • Letakkan korban dalam posisi berbaring.
     
  • Jauhkan benda/objek yang terdapat pada luka. Jangan mencoba untuk membersihkan luka, jika masih ada benda yang tersisa.
     
  • Tekan dengan kuat pada luka dengan kain kasa, kain bersih, atau bahan terbersih lainnya. Jika ada objek di dalam luka yang tidak dapat Anda hilangkan, berikan tekanan disekeliling benda, hingga benda tersebut keluar.
     
  • Berikan tekanan selama 15 menit, kemudian lakukan pengecekan apakah pendarahan masih berlangsung atau tidak. Jika darah masih membasahi kain, berikan tambahan kain lainnya tanpa meninggalkan kain sebelumnya.
     
  • Jika pendarahan hebat tidak melambat atau berhenti, lakukan penekanan langsung. Ini dilakukan untuk membuat luka bersih dan menghindari cedera lebih lanjut ke daerah lain.
     
  • Perdarahan ringan biasanya berhenti sendiri atau melambat setelah 15 menit tekanan dilakukan.
     
  • Perhatikan kondisi kejiwaan korban, segera panggil tenaga ahli jika kondisi korban mengalami tekanan yang mengkhawatirkan

0 Response to "Tips Menghentikan Pendarahan Pada Luka Kepala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...