Kulit Kepala Kering, Gejala dan Obatnya

Kulit kepala kering dan mudah terkikis merupakan pertanda adanya kondisi scalp psoriasis atau psoriasis pada kulit kepala yang menyebabkan munculnya bercak bersisik pada kulit kepala, yang kadang berwarna kemerahan dan menonjol. Benjolan kecil ini dapat menjadi bercak dan dapat tersebar hingga ke seluruh kulit kepala, bahkan hingga dahi, bagian belakang leher dan di belakang telinga.

Kondisi scalp psoriasis ini dapat diperoleh akibat tertular orang lain dan penyebabnya sendiri masih belum diketahui. Penelitian terkini menyatakan bahwa kondisi ini kemungkinan besar disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem imun tubuh yang menyebabkan sel kulit bertumbuh terlalu cepat dan menumpuk menjadi bercak-bercak. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat adanya riwayat keluarga yang juga mengalami hal yang sama. 

Kondisi kulit kepala kering akibat scalp psoriasis ini dapat terjadi secara ringan dan hampir tidak terdeteksi, namun saat kondisinya cukup serius, bercak dapat bertahan dalam waktu lama, menebal dan menghasilkan adanya luka-luka kasar. Rasa gatal yang dialami kulit kepala yang terlampau kering dapat menyebabkan pula terjadinya infeksi kulit dan kerontokan pada rambut. 

Beberapa gejala kondisi kulit kepala yang kering meliputi:
1. Adanya bercak bersisik, kemerahan dan menonjol
2. Adanya bercak putih keperakan
3. Terkikisnya kulit kepala hingga menyerupai ketombe
4. Kulit kepala yang kering

5. Adanya rasa gatal, terbakar dan sakit
6. Kerontokan rambut karena rasa gatala yang menyebabkan rambut sering digaruk, begitu juga dengan bekas luka yang menerima perawatan yang kurang sesuai. 
Periksakan diri Anda dan cobalah meminta dokter untuk melakukan biopsy kulit jika gejala tersebut terjadi pada Anda.

Untuk mengobati kondisi ini, Anda dapat menggunakan sampo, krim, gel, minyak dan sabun khusus untuk kondisi psoriasis di kulit kepala Anda. Sementara itu, berikut ini berbagai jenis obat aman untuk dikonsumsi dan dioleskan ke kulit kepala penderita psoriasis kulit kepala.
Anthralin
Antimicrobials
Calcipotriene
Calcipotriene

Tazarotene
Corticosteroids
Cyclosporine
Methotrexate
Vitamin A
Vitamin D
Selain dengan berbagai jenis obat-obatan di atas, perawatan kulit kepala kering dapat pula dilakukan dengan menyuntikkan steroid di area tempat munculnya psoriasis atau dengan excimer laser yang menggunakan cahaya berintensitas tinggi dan focus hanya ke area yang bermasalah saja. 

Ditinjau oleh: dr. Deffy Leksani Anggar Sari

0 Response to "Kulit Kepala Kering, Gejala dan Obatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...