Imunisasi Bayi Akan Tersedia Setengah Harga

Di dunia ini ada jutaan kuman penyakit, sebagian besarnya bias ditangkal oleh system kekebalan manusia, tidak terkecuali bayi dan anak-anak.

Namun, walau sedikit, ada juga kuman yang bisa masuk dan membahayakan anak-anak, menyebabkan sakit bahkan kematian. Karena itulah, para ahli kesehatan kemudian menciptakan berbagai jenis vaksin untuk meningkatkan kekebalan anak dan bayi menghadapi kuman penyakit yang berbahaya.

Untuk bayi, ada program imunisasi atau pemberian vaksin yang disebut imunisasi dasar. Ibu dan calon Ibu pasti tahu pentingnya imunisasi dasar bag ianak-anak. Tujuan pemberian imunisasi dasar lengkap adalah melindungi bayi yang kadar imunitas tubuhnya masih sangat rentan dari kuman yang bias menyebabkan kesakitan, kecacatan, ataupun bahkan kematian.

Imunisasi dasar bayi meliputi; BCG (Bacillus Calmette Guerin), Hepatitis B, Polio, DPT atau DTP, Vaksin Campak, Gondong dan Rubela (MMR).

Kabar gembiranya, padaRabu 19 Oktober yang lalu, Badan PBB untuk anak-anak  (UNICEF), membuat perjanjian dengan perusahaan-perusahaan pemasok vaksin. Mereka berkomitmen menyediakan kombinasi vaksin anak-anak untuk lima penyakit paling mematikan, dengan harga hanya separuh dari harga yang berlaku saatini. Vaksin yang akan disediakan ada 450 juta dosis untuk 80 negara di seluruh dunia antara 2017-2020.

Kombinasi vaksin yang akan disediakan oleh UNICEF,  akan melindungi anak-anak dari lima jenis infeksi paling mematikan hanya dengan satu kali suntikan.  Lima jenis kuman yang akan diperangi oleh vaksin ini adalah difteri, tetanus, pertusis, hepatitis B, dan Haemophilus influenza tipe B atau Hib. Hib adalah bakteri yang  menyebabkan meningitis, pneumonia dan otitis.

Enam pemasok yang bekerjasama dengan UNICEF adalah Biology E, Jenssen, LG Life Sciences, Panacea Biotec Ltd, Serum Institute of India, and Shantha Biotechs.

Tentu memerlukan waktu untuk memperluas basis pemasok vaksin hingga tercapai pemerataan yang diharapkan, kata badan aliansi vaksin internasional,  GAVI.  GAVI dan Gates Foundation adalah pihak yang akan mengamankan kontrak multi-tahun dengan pemasok.


Jadwal imunisasi dasar bayi usia di bawah satu tahun:

-Umur bayi sampai dengan tujuh hari: Hepatitis B (HB) O

-Umur bayi 1 bulan: BCG, Polio 1

- Umur bayi 2 bulan: DPT/ HB 1, Polio 2

Diptheria, Pertusis, dan Tetanus (DPT)

-Umur bayi 3 bulan: DPT/ HB 2, Polio 3

-Umur bayi 4 bulan: DPT/ HB 3, Polio 4

-Umur bayi 9 bulan: Campak


Ditinjau oleh: dr. Jezzy Reisya

0 Response to "Imunisasi Bayi Akan Tersedia Setengah Harga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...