9 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat




Merawat rambut berwarna memang tak selalu mudah. Bahkan terkadang, Anda membutuhkan beberapa kali kunjungan ke salon untuk gonta-ganti warna rambut sampai Anda menemukan warna yang tepat. Agar waktu dan biaya yang terbuang tidak sia-sia, saatnya Anda mengetahui trik khusus atau cara merawat rambut berwarna agar rambut Anda selalu sehat berkilau dan warnanya tahan lama. Apa saja cara dan tips yang bisa dilakukan?


Cara merawat rambut berwarna agar tetap sehat dan terawat


1. Lakukan perawatan rambut secara rutin


Pastikan Anda meluangkan waktu ke salon setiap 6 minggu sekali untuk melakukan retouch akar rambut agar rambut Anda tetap sehat sekaligus agar warnanya tetap konsisten. Ini juga bisa merawat warna rambut agar tetap bersinar alami.


2. Gunakan tabir surya (heat protection)


Bukan hanya kulit saja yang perlu dilindungi dari sinar matahari. Bila Anda ingin warna rambut awet dan tetap bersinar, lindungi dengan krim pelindung khusus rambut. Produk tabir surya yang berbahan dasar air lebih baik untuk digunakan pada rambut yang diwarnai daripada produk yang mengandung minyak.


3. Gunakan kondisioner


Tekstur rambut yang diwarnai cenderung lebih kering daripada rambut alami, jadi pastikan Anda menggunakan rangkaian produk perawatan yang ditargetkan untuk melembapkan rambut, setidaknya sekali dalam seminggu.


Usapkan kondisioner pada rambut yang sudah dibasahi dengan air hangat, kemudian bungkus dengan handuk selama kurang lebih 30 menit agar dapat lebih terserap. Selanjutnya bilas bersih rambut, maka kondisi rambut pun akan terlihat lebih bersinar.


4. Gunakan produk pelembap rambut


Selain dirawat dari dalam, tentu saja rambut perlu dirawat dari luar. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan produk pelembap rambut agar dapat membantu meratakan warna yang baru dicat pada rambut mulai dari akar hingga ujungnya.


5. Jangan terlalu sering gonta-ganti warna rambut


Setiap kali Anda mengubah warna rambut, semakin banyak pula bahan kimia yang masuk agar dapat menciptakan efek warna yang diharapkan. Hal tersebut tentunya dapat membuat kondisi kesehatan rambut menjadi semakin tidak sehat akibat paparan bahan kimia secara terus menerus. Sebaiknya cat rambut secara berkala agar warna tetap menyala dan konsisten.


6. Bilas rambut sampai bersih


Salah satu merawat rambut berwarna adalah menghindari cairan garam dan kaporit. Keduanya membuat rambut kering dan rusak. Usai berenang ataupun setiap kali keramas, pastikan Anda membilas rambut hingga bersih.


7. Jangan terlalu sering memainkan atau menyentuh rambut


Rambut indah berkilau sangat menggoda untuk terus disentuh, tapi menyentuh rambut terlalu sering juga bisa merusak rambut, lho! Selain bisa membuat rambut jadi kotor, jari-jari Anda juga dapat merusak kutikula atau bahkan melukai kulit kepala.


8. Jangan terlalu sering pakai hair dryer


Setelah mencuci rambut, biasakan untuk mengeringkan rambut secara alami. Bila Anda terlalu sering menggunakan pengering rambut atau catokan, rambut bisa menjadi lebih berpori. Paparan panas hair dryer akan membuat warna rambut lebih mudah luntur dan tidak dapat bertahan lama.


9. Gunakan sampo khusus


Selain tepat untuk jenis kulit kepala Anda, pilih sampo yang sengaja diracik untuk rambut yang dicat. Sampo yang lembut memungkinkan Anda untuk mencuci rambut setiap hari, sehingga rambut Anda akan tetap sehat, bersih, dan bersinar.


0 Response to "9 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...