Mengobati Mata Berair

Air mata berfungsi untuk melembapkan dan membantu mata untuk tetap bersih dari benda asing, seperti debu, yang masuk ke dalam mata. Fungsi air mata hampir sama dengan penyaring. Namun, jika produksi air mata kamu terlalu banyak atau berlebih juga dapat menyebabkan suatu masalah, yaitu mata berair. Lalu apa sebenarnya mata berair?

Nama medis dari mata berair adala hepiphora. Hal ini disebabkan oleh penyaring air mata yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, atau kondisi di mana mata memproduksi lebih banyak air mata. Nah, perlu Anda ketahui, penyebab utama dari mata berair adalah mata kering. Jadi, mata kering memicu saluran air mata untuk mengeluarkan air mata yang berfungsi sebagai perlindungan,dan air mata keluar dalam jumlah yang berlebihan.

Air mata berasal dari kelenjar lakrimal, kelenjar tersebut terletak di atas dan di balik kelopak mata atas. Jadi, saat kamu berkedip, kelopak mata akan mengeluarkan air mata yang melapisi permukaan matadan berkumpul di kelopak mata bagian bawah.  Setelah itu, air mata akan menyebar ke puncta (saluran drainase mata) dan masuk ke dalam kantung lakrimal sebelum menuju ke saluran nasolakrimal. Saluran nasolakrimal tersebuT adalah tempat yang menghubungkan mata dan hidung. Hal inilah yang menyebabkan mengapa air mata bias menuju ke hidung atau masuk ke tenggorokan.

Lalu, apa saja gejala dari mata berair? Berikut beberapa gejalanya:

Terasa ada yang masuk dan mengganggu mata
Mata terasa gatal dan panas
Mata merah
Pandangan mata kabur
Rasa sakit pada mata dan keluar cairan atau serpihan kulit kering karena saluran air mata tersumbat
Kelopak mata membengkak

Jika Anda mengalami gejala tersebut, ini dia beberapa cara untuk mengatasinya:
1. Memberikan tetes cairan mata saat mata terasa terbakar atau kering.
2.Jika mata terasa iritasi atau gata l ada kemungkinan besar hal tersebut adalah penyebab mata berair dan alergi. Jika mengalami hal tersebut, kamu bias menggunakan obat tetes mata anti alergi yang dapat meredakan gejalanya.
3.Pemberian antibiotic biasanya diberikan jika mata berair yang disebabkan oleh infeksi dan harus dengan resep dokter.
4.Untuk menghindari beberapa penyakit mata, mata berair salah satunya, dengan cara menggunakan kacamata pelindung saat berada di bawah terik matahari atau pada ruangan yang berdebu.
5.Jika mata Anda merah, juga muncul rasa sakit pada mata dan hidung, atau keluar cairan secara berlebihan ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter.

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P.

0 Response to "Mengobati Mata Berair"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...