3 Penyebab Utama Nyeri di Pergelangan Tangan




Nyeri pergelangan tangan adalah salah satu masalah muskuloskeletal (tulang dan otot) yang paling umum. Biasanya, gerak tubuh Anda tidak terpengaruh pergelangan tangan, tetapi penggunaan yang berlebihan atau kecelakaan mendadak dapat menyebab nyeri di bagian tubuh ini. Nyeri ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari dan membatasi rentang gerakan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa arti dari nyeri pergelangan tangan untuk bisa menemukan cara mengatasinya.


Bagaimana nyeri pergelangan tangan bisa terjadi?


Pergelangan tangan terbentuk dari delapan tulang kecil. Tulang-tulang ini memberikan sokongan pada saluran yang disebut carpal tunnel yang membentang dari pergelangan tangan ke bagian bawah telapak tangan. Saraf-saraf dan tendon terkandung di dalamnya, membuat saluran ini penting. Ligamen digunakan untuk membuatnya tetap berada di tempatnya.


Aktivitas normal tidak menyebabkan nyeri pergelangan tangan, tetapi aktivitas repetitif seperti memotong atau mengetik dapat merusak pergelangan tangan. Nyeri pergelangan tangan juga bisa berasal dari cedera mendadak selama berolah raga atau bekerja. Sindrom lainya seperti carpal tunnel syndrome bisa menjadi penyebab masalah ini.


Nyeri pergelangan tangan dimulai dengan pembengkakan dan memar di pergelangan tangan. Ini bisa menjadi tanda dari cedera. Bentuk sendi yang tidak normal atau kesulitan menggerakkan pergelangan tangan bisa menjadi tanda dari patah tulang.


Apa penyebab nyeri di pergelangan tangan?


Nyeri pergelangan tangan bisa dialami oleh siapapun pada usia berapapun. Namun, jika Anda mengalami nyeri pergelangan tangan, ini berarti Anda mungkin memiliki risiko untuk masalah ini:


1. Cedera olahraga


Nyeri pergelangan tangan bisa terjadi akibat cedera. Cedera ini bisa merupakan akibat dari olahraga tertentu seperti bola basket, bola voli, bowling, golf, atau tenis. Olah raga ini juga mengharuskan Anda untuk menggunakan tangan dan pergelangan tangan Anda dengan sangat sering, dan ini bisa menyebabkan penggunaan yang berlebihan.


2. Gerakan berulang


Dalam beberapa jenis pekerjaan, Anda harus mengulang melakukan hal selama berkali-kali. Jika ini mengharuskan Anda untuk menggunakan pergelangan dan tangan Anda, nyeri pergelangan tangan bisa terjadi seiring waktu. Pekerjaan ini termasuk penata rambut dan koki. Jika Anda melakukan pekerjaan ini, Anda harus mempertimbangkan berganti pekerjaan atau lebih memperhatikan pergelangan tangan Anda.


3. Penyakit atau kondisi tertentu


Saat Anda hamil, retensi cairan dalam tubuh memberikan tekanan pada carpal tunnel. Carpal tunnel adalah saluran yang membentang dari pergelangan tangan ke bagian bawah telapak tangan. Namun, kondisi ini bersifat sementara dan bisa menghilang dalam beberapa bulan setelah Anda melahirkan.


Diabetes bisa memengaruhi pergelangan tangan. Pergelangan tangan Anda bisa menjadi kaku dan Anda merasa sulit menggerakkan atau menggunakannya.


Obesitas juga merupakan faktor resiko untuk nyeri pergelangan tangan. Saat Anda kelebihan berat badan, tubuh memiliki kelebihan lemak. Lemak berlebih ini bisa menghancurkan sendi dan menyebabkan nyeri pergelangan tangan.


Nyeri pergelangan tangan adalah masalah yang menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di pergelangan tangan. Mengalami nyeri pergelangan tangan berarti Anda pernah mengalami cedera atau masalah lainnya pada pergelangan tangan. Ini juga berarti Anda mungkin lebih beresiko tinggi untuk nyeri pergelangan tangan dibandingkan dengan orang lain.


Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.


0 Response to "3 Penyebab Utama Nyeri di Pergelangan Tangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...