Tips Mengurangi Konsumsi Gula

Mengendalikan diri untuk tidak mengonsumsi gula memang bukan hal yang mudah. Banyak orang yang gagal diet karena tidak bisa mengendalikan diri dari kecanduan mengonsumsi makanan manis. Berikut cara mengurangi gula: 

- Tinggalkan MinumanManis
Jauhkan minuman manis, seperti soda, teh dengan gula, kopi, dan minuman energi. Berhenti mengonsumsi minuman yang disukai memang susah, namun Anda dapat menggantinya dengan minuman yang tidak berkalori seperti sprakling water. Untuk menambah rasa pada minuman, Anda bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis. Jika Anda penggemar fanatic teh dan kopi, gunakan setengah dari porsi gula yang biasa digunakan.

- Hindari  Pemanis Buatan
Penelitian menunjukkan bahwa pengganti gula tidak dapat membantu Anda dalam usaha penurunan berat badan. Sebaliknya, pemanis buatan bahkan lebih manis dari gula alami. Jika mengonsumi terlalu banyak dapat membuat Anda ketergantungan pada gula. Karena itu, tekankan pada diri Anda untuk berhenti mengonsumsi pemanis buatan.

- Makan dengan Penuh Kesadaran
Saat mempunyai keinginan untuk makan donat atau cokelat, pikirkan sejenak, apakah Anda merasa sangat lapar? Stres? Pikirkan apakah itu semua benar-benar Anda inginkan?Jika tidak, ada, Anda  dapat makan seperlunya saja dan perhatikan apa saja yang Anda makan.

- Mengetahui Kadar Gula yang Berlebihan
Selalu membaca Nutrition Facts dan bahan-bahan yang terdapat di setiap kemasan makanan atau minuman yang ingin Anda beli. Jika gula di label makanan terdapat lebih dari 8 gram, lihatlah bahan-bahan apa saja yang tekandung di dalamnya, dan jika menemukan ada tambahan pemanis buatan, taruh kembali makanan atau minuman tersebut. Jika tidak ada gula di dalamnya, itu berarti makanan atau minuman tersebut menggunakan gula alami.

- Konsumsi Pemanis Alami
Jangan khawatir jika Anda tidak bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis, gula alami dapat ditemukan di dalam buah segar dan kering, yogurt plain, biji-bijian, serta sayuran. Itu karena makanan tersebut mengandung nutrisi yang penting seperti, protein, kalsium, vitamin D, vitamin C, vitamin A, dan serat. Selain membuat Anda kenyng lebih lama, Anda tidak dapat menemukan nutrisi tersebut di dalam permen, cookies, dan minuman ringan.

Ditinjau oleh: dr. Emilia Slamat M Gizi, IG: @emiliaslamat

0 Response to "Tips Mengurangi Konsumsi Gula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...