Inilah Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Ibu hamil diwajibkan mengonsumsi makanan sehat dan kaya akan nutrisi agar janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Oleh karena itu, nutrisi dan gizi yang dipilih dan dikonsumsi ibu hamil akan sangat membantu. Sayangnya, tidak semua makanan mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Nah, berikut ini gizi ibu hamil yang harus terkandung dalam makanannya selama masa kehamilan :

Kalori

Kalori atau energi adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi ibu hamil. Kalori yang didapat haruslah berasal dari makanan dengan pola makanan 4 sehat 5 sempurna. Bahkan kalori yang diperoleh haruslah lebih banyak daripada biasanya. Tetapi, walaupun jumlah kalori yang dikonsumsi harus lebih banyak, Anda sebaiknya tidak makan secara berlebihan agar berat badan tidak bertambah secara drastis.

Protein

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan saat Anda tidak hamil. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan pada janin. Anda dapat mengonsumsi ikan, susu, telur  untuk memenuhi jumlah protein yang dibutuhkan oleh ibu.

Asam folat

Asam folat dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat membantu pertumbuhan otak janin serta dapat membantu mencegah terjadinya cacat pada otak, saraf, dan tulang belakang. Asam folat bisa didapatkan dari sayuran berhijau daun, kacang-kacangan, telur, pepaya, brokoli, jeruk, dan suplemen asam folat yang biasanya diberikan oleh dokter kandungan.

Zat besi

Zat besi dibutuhkan ibu hamil karena berfungsi agar ibu tidak terkena anemia. Hal tersebut dikarenakan zat besi dapat membantu dalam pembentukan darah yang terutama dapat membentuk sel darah merah yang memperkecil risiko pendarahan saat persalinan berlangsung. Zat besi dapat diperoleh pada hati, daging merah, dan ikan.

Kalsium

Ibu hamil membutuhkan kalsium untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Bahkan, jika kebutuhan kalsium Anda saat hamil terpenuhi maka dapat membuat Anda terhindar dari penyakit osteoporosis. Sumber kalsium alami adalah susu, keju, salmon, bayam, dan almond.

Itulah beberapa kebutuhan gizi ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Jadi, tunggu apa lagi? Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung gizi-gizi tersebut agar Anda dan  janin dapat tumbuh sehat. (PR)

Di-review oleh dr. T. Ari Wibowo

 

0 Response to "Inilah Kebutuhan Gizi Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...