Cara Tradisional Atasi Asam Urat

Kadar asam urat terlalu tinggi dapat menimbulkan rasa nyeri luar biasa pada persendian, terutama di bagian kaki. Keluhan ini, dalam dunia medis, biasa disebut gout. Gout adalah tipe artritis yang disebabkan akumulasi asam urat dalam tubuh. Kristal asam bisa terbentuk di dalam persendian dan menyebabkan rasa sakit yang intens dan peradangan. Umumnya, gout menyerang ujung jari kaki. Meski begitu, kristal asam urat bisa terbentuk di mana saja di dalam tubuh.

Beberapa individu dengan asam urat yang sudah menyebar di persendian dan otot, dapat masuk ke kondisi yang dinamakan gouty artritis. Gouty artritis biasanya menyerang persendian lutut, pergelangan kaki, pinggul, tangan dan kaki. 

Faktor risiko gout karena asam urat terjadi pada mereka yang: 
1. Obesitas
2. Penyakit asam urat cenderung dialami mereka yang berusia lebih tua dan kaum pria.
3. Hobi mengonsumsi makanan sumber purin  
4. Pecandu atau orang yang hobi minum alkohol 
5. Menderita diabetes atau tekanan darah tinggi
6. Memiliki gangguan ginjal
7. Memiliki riwayat asam urat di keluarga.

Asam urat adalah produk hasil metabolisme senyawa yang disebut purin. Karena itu, Dr John Briffa, dokter dan penulis A Good Look at Good Health, menyarankan Anda untuk mencegah asam urat dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin seperti daging merah, jeroan, seafood, biji-bijian, lentil dan sayuran hijau tua. Gula juga harus dihindari karena bisa menaikkan kadar asam urat. Konsumsi buah dan sayur segar karena dapat menaikkan kadar alkalin tubuh, yang pada gilirannya daoat menetralisir efek asam urat. Minumlah sedikitnya satu setengah liter air putih setiap hari untuk mempercepat metabolisme asam urat agar segera dibuang oleh tubuh. 

Buah- buahan seperti ceri juga bisa membantu karena mengandung proanthocyanidin yang ampuh untuk menetralisir asam urat dan inflamasi karena gout.
Studi kecil terhadap selusin pasien gaout menunjukkan, mengonsumsi 226 gram ceri setiap hari dapat menghentikan serangan gout. 

Pengobatan tradisional lain yang direkomendasi  Dr. Briffa adalah Cynara scolymus (Globe artichoke). Herbal ini telah lama dipercaya dapat membantu meredakan gout. Konsumsilah 3-5 mililiter larutan Cynara atau setara empat gram Cynara kering perhari sampai gejala gout mereda. (LT)




0 Response to "Cara Tradisional Atasi Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...