Bayi Susah Tidur Siang dan Malam Penyebab dan Cara Mengatasi

Bayi Susah Tidur Siang dan Malam  Penyebab dan Cara Mengatasi


























Ketika memiliki seorang buah hati yang baru saja lahir tentu saja kita harus menjaga dan memperhatikan segala keperluannya. Salah satu keperluannya yang sangat ia butuhkan adalah dengan menjaga pola tidurnya, tidur teramat penting bagi bayi Anda. Tidur tidak hanya membuat tubuhnya beristirahat saja, tidur akan menunjang pertumbuhan fisik dan psiskis sang anak, membantu otaknya berkembang, dan menjaga kesehatannya. Bayi membutuhkan waktu tidur 14 hingga 18 jam sehari untuk terlelap. Oleh karena itu memberikan waktu tidur untuk bayi merupakan hal yang penting setiap harinya, mengingat itu sangat baik bagi tumbuh dan kembangnya. Namun terkadang pada siang hari bayi kita susah tidur dan rewel, tentu kita akan merasa khawatir kan bunda? Tenang saja, kami memiliki informasi terkait itu untuk Anda. Berikut adalah informasi mengenai bayi susah tidur siang hari yang bisa ibu-ibu simak baik-baik. (Baca juga: pola tidur bayi 1 bulan  pola tidur bayi 0-12 bulan  posisi tidur bayi yang baik dan benar)


Penyebab Bayi Susah Tidur Siang


Ketika siang hari mungkin Anda mengalami kesulitan untuk menidurkan bayi kecil Anda, mungkin walau Anda sudah berusaha tetap saja dia sulit untuk memejamkan matanya. Yang ada malah mereka menjadi rewel dan mungkin beberapa ibu kebingungan harus bagaimana. Sebelum mengetahui bagaimana mengatasinya, ada baiknya kita mengetahui dulu apa sih penyebab bayi kita sulit tidur di siang hari? Berikut adalah penjelasannya :




  1. Mereka merasa lapar


Sama seperti kita orang dewasa, yang ketika lapar mungkin tidak akan bisa melakukan aktifitas dengan baik dan tidak bisa tidur dengan pulas. Bayi kecil kita juga sama halnya seperti kita ya bunda, jika mereka tidak bisa tidur bisa jadi mereka sedang merasa lapar. Bagaimanapun mereka bisa merasa lapar sama seperti kita, karena mereka belum bisa menyampaikannya pada kita mereka akan rewel. Jadi ketika dia tidak mau tidur siang dan menangis terus berarti mereka lapar. (baca: bayi sering menggeliat tanda bayi cukup ASI)



  1. Merasa tidak nyaman


Buah hati kecil Anda juga tidak akan bisa tidur dengan tenang jika suasana di sekitar mereka tidaklah nyaman. Mereka tidak akan bisa terlelap karena suasananya tidak cocok dan nyaman dengan mereka. Misalnya saja lampu yang terlalu terang di tempatnya tidur, atau alas tidurnnya yang panas. Itu semua bisa menjadi penyebab dia rewel sehingga sulit untuk tidur, jadi perhatikan kenyamanan dia juga ya bunda. (baca:  penyebab bayi menangis terus  perut kembung pada bayi)



  1. Kepanasan


Penyebab bayi susah tidur di siang hari dan menjadikan mereka rewel adalah karena mereka kepanasan. Bayi juga bisa merasa gerah sama halnya seperti kita, jika mereka merasa gerah tentu mereka tidak akan bisa tidur dengan tenang. Mereka merasa sangat tidak nyaman sehingga yang bisa mereka lakukan hanyalah menangis saja. (baca: penyebab bayi rewel  bahaya AC bagi balita  efek AC terhadap bayi)



  1. Bayi Anda tidak mau tidur


Penyebab yang selanjutnya adalah mungkin bayi kecil Anda memang tidak ingin tidur. Mungkin saja ini sudah menjadi kebiasaan Anda, mengajaknya bermain di siang hari sehingga menjadi kebiasaan juga baginya untuk tidak tidur di siang hari. Mungkin saja ketika siang hari mereka lebih ingin bermain bersama Anda atau mungkin memainkan mainan yang ada di dalam box tidurnya. (baca: pola tidur bayi 0-12 bulan  bayi tidur tengkurap bahaya, manfaat dan tips sehat  bayi susah tidur)



  1. Karena bising


Jika bayi Anda kesulitan tidur di siang hari bisa jadi karena ada kebisingan suara di sekitarnya. Sehingga bayi kecil kesayangan Anda merasa terganggu dan kesulitan untuk terlelap di siang hari dan akan rewel. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan tempat untuknya tidur siang atau malam, apakah tempat itu bising atau tidak. Apakah kebisingan itu terdengar hingga tempatnya tidur atau tidak?




Informasi ASI:



  • cara memerah ASI dengan tangan

  • cara memerah ASI

  • cara menyimpan ASI

  • Cara memompa ASI

  • cara memperbanyak ASI perah

  • menyusui sambil tiduran

  • cara menyusui bayi kembar

  • cara memerah ASI dengan tangan

  • tips menyusui agar bayi tidak muntah

  • tips menyusui bayi kembar

  • tips menyusui di tempat umum



  1. Karena mereka tidak tidur di tempatnya


Jika mereka kesulitan untuk tidur siang mungkin penyebabnya karena mereka tidak berada di tempat tidur mereka sendiri. Mungkin saat ini Anda sedang membawanya berpergian dan mencobanya melelapkan dia di dalam mobil atau mungkin di tempat lainnya. Dan kalau ia tetap tidak bisa tidur mungkin dia asing dengan tempat itu dan merasa tidak nyaman karena itu bukanlah tempat tidur mereka. (baca: penggunaan box bayi   Pertolongan pertama bayi jatuh dari tempat tidur  Efek bayi tidur dari tempat tidur)


Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Siang


Setelah mengetahui penyebab-penyebab bayi tidak bisa tidur ketika siang hari bagaimana bunda? Apa bunda mungkin sudah menemukan salah satu penyebab kenapa anak kecil bunda tidak bisa terlelap di siang hari? Padahal tidur merupakan hal yang sangat penting bagi bayi kita ya. Oleh karena itu ada baiknya supaya kita mengetahui juga bagaimana sih cara mengatasi bayi yang susah tidur siang? Bagaimana cara kita supaya bayi kita mau tertidur pada siang hari? Berikut adalah cara mengatasi bayi yang susah tidur siang hari yang sudah kami siapkan khusus untuk Anda.



  1. Atur suhu ruangan


Seperti yang sudah kita pahami di atas tadi, berbagai penyebab menjadi bayi susah tidur pada siang hari. Salah satu penyebab itu adalah karena bayi merasa kegerahan atau merasa kepanasan. Oleh karena itu Anda sebagai orangtua tentunya harus membuat ia nyaman, atur suhu di dalam kamar supaya ia menjadi nyaman dan tidak kepanasan lagi. Dan jika ia sudah nyaman terhadap suhunya dia akan bisa tidur dengan nyenyak. Anda bisa membuat ventilasi kecil di tempatnya tidur supaya sirkulasi udara bisa masuk dengan baik. (baca: infeksi paru paru pada bayi  cara menidurkan bayi dengan cepat   cara menidurkan bayi  pola tidur bayi 1 bulan  Pola tidur bayi 0 12 bulan)



  1. Singkirkan benda yang sekiranya tidak membuatnya nyaman


Bisa jadi mereka susah tidur siang karena merasa tidak nyaman dengan benda yang ada di sekelilingnya. Oleh karena itu sebaiknya Anda menyingkirkan benda-benda yang ada di dalam box bayinya yang sekiranya bisa menganggunya. Biasanya Anda akan memberikan mainan atau boneka di dalamnya, jauhkan itu karena selain membuat bayi tak nyaman bahan di dalamnya bisa tersedak oleh bayi jika boneka itu sobek. Cukup memberinya mainan ketika mereka ada di luar box atau ketika mereka bangun saja. (baca: mainan untuk bayi 4 bulan mainan untuk bayi 6 bulan)



  1. Matikan atau redupkan lampu


Bayi tidak terlalu menyukai cahanya yang terang, bahkan beberapa bayi tidak bisa tidur pulas jika mereka tidak tidur di tempat yang lampunya redup. Oleh karena itu jika bayi Anda tidak bisa tidur di siang hari, Anda perlu memperhatikan juga cahaya di dalam ruangannya. Jika mungkin Anda sudah mematikan lampu namun ruangan masih terasa sangat terang, Anda bisa menutup jendela dengan gorden. Dengan begitu bayi Anda akan tertidur dengan pulas.


Informasi perkembangan anak:



  • Perkembangan bayi 1 bulan

  • Perkembangan bayi 2 bulan

  • Perkembangan bayi 3 bulan

  • Perkembangan bayi 4 bulan

  • Perkembangan bayi 5 bulan

  • Perkembangan bayi 6 bulan

  • Perkembangan bayi 7 bulan

  • Perkembangan bayi 8 bulan

  • Perkembangan bayi 9 bulan

  • Perkembangan bayi 10 bulan

  • Perkembangan bayi 11 bulan

  • Perkembangan Bayi 12 Bulan



  1. Pakaikan baju yang tipis pada siang hari


Jika siang hari dan hawa hari itu panas, mungkin saja dia akan kesulitan untuk tidur siang. Oleh karena itu jangan kenakan baju yang tebal kepada bayi Anda pada kondisi seperti ini. Pakaikan dia baju tipis yang tidak terlalu tipis, yang berbahan kain yang bisa menyerap keringat. Supaya dia tidak merasa kepanasan dan rewel, dengan begitu bayi Anda akan tetap bisa terlelap di siang hari walaupun mungkin hawa sedang panas-panasnya.(Baca: cara merawat bayi perempuan  tips memilih baju bayi baru lahir  cara mengatasi biang keringat pada bayi baru lahir  obat gatal untuk bayi)



  1. Berikan dia ASI


Seperti yang kami bilang diatas, bayi bisa saja tidak mau tidur karena mereka merasakan lapar. Oleh karena itu jika segala cara diatas sudah Anda lakukan namun bayi masih menangis dan enggan tertidur itu artinya dia lapar. Anda bisa memberinya ASI, lalu menggendong-nya dan menimang-nimangnya beberapa saat sampai ia tertidur. Jika sudah kenyang bayi pasti akan tidur dengan sendirinya ya ibu.



Informasi penyakit bayi kuning:



  • bayi kuning

  • penyebab bayi kuning

  • Cara penanganan bayi kuning

  • bahaya bayi kuning

  • ikterus neonatorum

  • Tanda tanda bayi kuning



  1. Perhatikan juga kebisingan di sekitarnya


Yang selanjutnya adalah perhatikan juga kebisingan di sekitarnya, bayi akan merasa terganggu jika di sekitarnya berisik. Oleh karena itu sebaiknya Anda perhatikan lagi apa ada suara bising di sekitarnya ketika ia mencoba terlelap? Jika iya Anda bisa membawa bayi tidur bersama Anda di ruangan yang tenang. Dengan begitu bayi bisa terlelap dengan tenang di siang hari tanpa harus rewel.


Informasi perawatan bayi:



  • Cara memandikan bayi baru lahir

  • cara merawat bayi baru lahir

  • bahaya bayi minum minyak telon

  • manfaat bedak bayi

  • bahaya bedak bayi

  • Cara melebatkan rambut bayi

  • mitos mitos bayi baru lahir


Itu dia ibu-ibu informasi mengenai bayi susah tidur siang, kami sudah membahas penyebab dan juga cara mengatasi kenapa mereka sulit sekali tidur di siang hari. Ibu bisa terapkan solusi kami di rumah ya, dan sebisa mungkin ibu dampingi si kecil ketika mereka tidur siang. Selain bayi menjadi aman, ibu juga bisa beristirahat bukan? Semoga bermanfaat ya bunda!
































0 Response to "Bayi Susah Tidur Siang dan Malam Penyebab dan Cara Mengatasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...