Alasan Ini Membuat Wanita Berusia Lebih Panjang Daripada Pria

Beberapa waktu lalu, sebuah tim peneliti internasional menerbitkan sebuah studi di Prosiding National Academy of Sciences. Di dalamnya, mereka merinci langkah besar bahwa berbagai penelitian telah membuat manusia berusia lebih panjang selama 200 tahun terakhir, bahkan dibandingkan dengan primata lain seperti monyet dan kera.

Namun, kesenjangan harapan hidup pria  dan wanita tidak berubah. Usia wanita masih lebih panjang daripada pria, sekitar lima tahun, kesenjangan yang sama yang hadir di awal 1800-an. Kesenjangan antara rentang hidup pria dan wanita juga ditemukan pada spesies primata lainnya.

Peneliti tidak sepenuhnya yakin penyebab di balik kesenjangan itu. "Ini membingungkan. Jika kita dapat membuat hidup bertahan begitu lama, mengapa kita tidak bisa mengecilkan kesenjangan pria dan wanita?" Rekan penulis studi Susan Alberts, seorang profesor biologi di Duke University, mengatakan dalam siaran pers.

Mengapa terjadi kesenjangan usia hidup antara pria dan wanita? Peneliti  menduga itu mungkin terletak pada kromosom X. Wanita memiliki dua sementara pria hanya memiliki satu kromosom X.

Alberts mengatakan bahwa perang dan perilaku agresif lainnya oleh pria juga bisa menjadi faktor penyebab. Namun, Dr. Jamin Brahmbhatt, seorang ahli bedah urologi di The PUR Clinic di Rumah Sakit South Lake Orlando Kesehatan di Florida, berpendapat berbeda.  Menurut Brahmbhatt, faktor besarnya mungkin karena pria tidak bisa mengurus dirinya dengan  baik seperti halnya perempuan. 

Mereka tidak makan dengan baik dan mereka tidak pergi ke dokter sesering perempuan. "pria hanya tidak memprioritaskan kesehatan mereka," kata Brahmbhatt.

Dokter bedah percaya bahwa perilaku ini mungkin akarnya dari persalinan. Dia mengatakan wanita biasanya menjalani kehamilan dalam beberapa dekade pertama kehidupan mereka. Mereka mengembangkan pola awal pergi ke dokter dan menjaga kesehatan mereka selama hamil dan melahirkan.
Sedangkan kebanyakan laki-laki tidak melakukan itu, pergi ke dokter, sampai mereka mungkin melampaui 50 atau 60 tahun.

Brahmbhatt mengatakan  genetika mungkin memang ada pengaruhnya. Namun ada banyak hal yang dapat Anda lakukan tentang perilaku.Perilaku hidup sehat adalah hal yang bisa Anda kendalikan untuk membuat usia lebih panjang. 


Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya


0 Response to "Alasan Ini Membuat Wanita Berusia Lebih Panjang Daripada Pria"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...