5 Obat Kutu Air yang Paling Ampuh Dari yang Alami Sampai Resep Dokter




Kutu air bisa muncul tiba-tiba dan sangat mengganggu. Anda tentu ingin cepat-cepat mengusirnya dari kulit Anda. Namun, cara apa saja yang paling efektif untuk mengusir kutu air? Harus pakai obat kutu air dari dokter atau bisa pakai bahan alami saja? Berikut ini pilihan obat kutu air untuk Anda.


Tips memilih obat kutu air yang tepat


Kutu air adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur. Nah, meskipun sama-sama disebabkan oleh infeksi jamur, pengobatan dan perawatan kutu air yang diperlukan setiap orang berbeda-beda.


Ini tergantung pada seberapa parah infeksinya serta jenis jamur yang menyerang. Kalau belum begitu parah, Anda bisa mengobati kutu air dengan macam-macam bahan alami dan krim antijamur dari apotek.


Namun, bila infeksinya cukup parah dan tidak mempan diobati dengan krim biasa, Anda mungkin membutuhkan obat antijamur resep dokter atau obat minum.


Oleh karena itu, bila Anda mengalami gejala-gejala kutu air seperti kaki terasa gatal, kering, pecah-pecah, serta muncul ruam, segera periksa ke dokter kulit. Semakin cepat ditangani, Anda bisa mencegah penyakitnya jadi tambah parah.


Berbagai obat kutu air yang bisa digunakan


Ada berbagai pilihan obat kutu air yang bisa membantu Anda meredakan infeksi sekaligus membuat kaki jadi terasa lebih nyaman sepanjang hari. Apa saja?


1. Salep antijamur


Segera oleskan krim atau salep antijamur kalau Anda mengalami berbagai gejala kutu air. Contohnya antara lain clotrimazole, terbinafine, atau miconazole.


Namun, kalau jenis-jenis salep di atas tidak mempan mengobati kutu air, Anda butuh obat yang lebih kuat. Dokter mungkin meresepkan salep khusus seperti butenafine. Jangan lupa, ikuti anjuran penggunaan obat dari dokter atau apoteker Anda untuk hasil yang maksimal.


2. Obat minum


Obat minum biasanya diberikan pada kasus kutu air yang cukup parah atau tidak kunjung sembuh. Misalnya kalau infeksi jamurnya sudah menyebar sampai ke kuku jari-jari Anda. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat kortikosteroid untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman akibat infeksi jamur.


3. Minyak tea tree


Selain obat-obatan yang bisa Anda beli di apotek, Anda juga bisa mempercepat penyembuhan dengan tea tree oil atau minyak pohon teh. Minyak pohon teh punya khasiat alami untuk melawan peradangan akibat infeksi bakteri atau jamur.


Larutkan 20 sampai 40 tetes minyak pohon teh ke dalam air hangat. Kemudian, rendam kaki yang kena kutu air selama kira-kira 10 menit. Setelah itu, angkat kaki Anda dan keringkan sampai tuntas dengan handuk yang lembut.


4. Bedak tabur


Sebelum mengenakan sepatu yang tertutup atau kaos kaki, taburi dulu dengan bedak talk (talkum), bedak bayi, atau bedak antijamur pada area kaki Anda. Ini berguna untuk mencegah kaki jadi terlalu lembap karena keringat. Pasalnya, jamur dan bakteri senang sekali tumbuh di lingkungan yang lembap dan hangat.


5. Teh hijau


Kalau Anda tidak punya minyak pohon teh di rumah, teh hijau juga bisa jadi obat kutu air alami. Seduh kira-kira lima sampai enam kantong teh hijau dalam air secukupnya untuk merendam kaki Anda. Lalu diamkan beberapa saat sampai airnya agak dingin, tidak mendidih lagi.


Rendam kaki Anda dalam air teh hijau tersebut selama 10 sampai 15 menit. Kemudian, angkat kaki Anda dan jangan dibilas lagi dengan sabun. Keringkan saja kaki Anda dengan handuk sampai tuntas.


0 Response to "5 Obat Kutu Air yang Paling Ampuh Dari yang Alami Sampai Resep Dokter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...