5 Langkah Mudah Membersihkan Humidifier di Rumah




Menurut survei informal yang dilakukan oleh Consumer Reports, sebanyak 59 persen rumah tangga yang menggunakan humidifier tidak membersihkan alat ini setiap hari. Setidaknya satu dari empat orang hanya membersihkannya dua kali sebulan, bahkan kurang dari itu. Meski kelihatannya sepele, humidifier harus rajin dibersihkan. Humidifier yang kotor akan melepaskan debu-debu dan partikel asing ke udara, yang meningkatkan risiko alergi serta berbagai masalah kesehatan lainnya. Simak cara membersihkan humidifier yang tepat di bawah ini.


Cara membersihkan humidifier


Sebelum membersihkan humidifier, penting untuk melindungi diri Anda dari paparan bahan kimia dan debu. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan, masker dan kacamata ketika membersihkan humidifier.


Berikut panduan lengkap bagaimana cara membersihkan humidifier yang baik dan benar.


Langkah 1


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan mesin humidifier. Setelah itu bongkar mesin humidifier untuk mengosongkan tangki air dan melepaskan filter (penyaring udara) dari mesin. Cuci filter dengan membilasnya di bawah aliran air dingin dari kran. Tiriskan dan lap bersih sampai benar-benar kering.


Langkah 2


Tuangkan cuka secukupnya ke dalam tangki air dan pastikan seluruh sisi dalam tangki terkena cuka. Diamkan kira-kira selama 30 menit hingga 1 jam untuk menghilangkan tumpukkan kotoran yang menempel di tangki air. Setelah itu sikat secara perlahan untuk membersihkan sisa-sisa kerak yang masih menempel di dinding tangki. Anda bisa menggunakan sikat kecil untuk membersihkan area yang sulit dijangkau.


Langkah 3


Jika tangki air mesin humidifier tidak memungkinkan untuk disikat, Anda bisa menggunakan campuran air dingin, cuka, dan beras. Caranya, masukkan semua bahan tersebut ke dalam tangki air kemudian tutup rapat dan kocok selama satu menit atau lebih. Ulangi cara tersebut hingga kotoran yang menempel di dinding-dinding tangki terlepas. Setelah itu bilas tangki menggunakan air mengalir hingga bersih dan keringkan.


Langkah 4


Agar tangki air benar-benar bersih, Anda bisa mengulang langkah ke dua dengan menggunakan bahan yang berbeda. Rendamlah tangki menggunakan campuran air dingin dan 1 sendok teh pemutih atau hidrogen peroksida. Kemudian diamkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu, bilas sampai bersih menggunakan air yang mengalir dan keringkan.


Langkah 5


Untuk rangka mesin humidifier, Anda bisa membersihkan bagian luarnya dengan menggunakan lap bersih yang sudah direndam ke dalam campuran air dingin dan cuka. Cuka membantu menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri di bagian luar rangka.


Setelah semua bagian benar-benar kering, Anda bisa memasang kembali rangkanya. Jangan lupa untuk mengganti filter udara dan isi tangki dengan air bersih. Anda pun dapat menikmati kesegaran dan kelembapan yang menenangkan di rumah Anda.


Berapa kali idealnya membersihkan humidifier?


Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa membersihkan humidifier setidaknya sekali dalam semingggu apabila Anda menggunakan mesin ini setiap hari. Jika Anda ragu berapa kali sebaiknya membersihkan humidifier, sebaiknya Anda selalu baca cara penggunaan dan cara perawatan alat ini yang biasanya tertera di kemasan.


Ingat, humdifier Anda bisa jadi tempat berkembangbiak yang ideal bagi kuman, dan jika tidak dirawat dengan benar, alat ini justru dapat membuat Anda sekeluarga sakit karena terkena paparan kuman. Jadi, pastikan Anda merawat alat ini dengan baik dan benar agar keluarga Anda terhindar dari jamur dan bakteri penyebab penyakit.


0 Response to "5 Langkah Mudah Membersihkan Humidifier di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...