Latihan Ini Bisa Mengatasi Tidur Mendengkur

Tahukah Anda kalau kebiasaan mendengkur sebenarnya dapat diatasi tidak hanya dengan penyesuaian gaya hidup, namun juga dengan latihan khusus? Tentu saja. Selain mengonsumsi obat-obatan dan penyesuaian gaya hidup, seperti menurunkan berat badan dan latihan fisik rutin, berhenti merokok dan tidur lebih teratur, Anda dapat mengatasi kebiasaan tidur mendengkur dengan latihan tertentu.  

Eksperimen-eksperimen ini melibatkan latihan pada kerongkongan, tempat pita suara Anda berada untuk memungkinkan Anda berhenti mendengkur. Lakukan eksperimen latihan kerongkongan ini secara rutin setiap hari. Tujuannya untuk memperkuat otot-otot yang ada di saluran pernapasan bagian atas, agar efektif untuk mengurangi tidur mendengkur atau bahkan menghilangkan kebiasaan merokok. 

Latihan kerongkongan ini dilakukan secara perlahan dan bertahap, lalu Anda perlu meningkatkan intensitasnya. Anda dapat melakukan latihan kerongkongan ini setiap saat dan dimana saja, bahkan ketika Anda sedang melakukan aktivitas lainnya, seperti dalam  perjalanan menuju tempat kerja, melakukan pekerjaan rumah tangga, mengajak jalan-jalan anjing peliharaan atau saat sedang mandi. 

Cara latihan kerongkongan untuk mengatasi tidur mendengkur:

1. Ucapkan huruf-huruf vokal a-i-u-e-o dengan suara keras selama tiga menit, beberapa kali dalam sehari.

2.Tempatkan ujung lidah Anda di belakang gigi depan  yang terletak di barisan langit-langit mulut. Gerakkan lidah Anda ke belakang dan ke depan selama tiga menit setiap harinya.

3.Tutuplah mulut Anda dan lipat bibir, tahan posisi ini selama 30 detik.

4. Dengan mulut terbuka, gerakkan rahang Anda ke kanan lalu tahan selama 30 detik. Lakukan gerakan yang sama, namun kali ini dengan menggerakkan rahang ke kiri, dan menahannya selama 30 detik. 

5.Terakhir, dengan mulut terbuka, kontraksikan otot yang ada di belakang kerongkongan Anda secara berulang selama 30 kali. Anda bahkan dapat melatih gerakan ini di depan cermin untuk melihat uvula atau bola gantung yang terletak di ujung belakang kerongkongan Anda bergerak naik turun saat Anda melakukan kontraksi ini. (PA)

Ditinjau oleh: dr. Nita

0 Response to "Latihan Ini Bisa Mengatasi Tidur Mendengkur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...