Bolehkah Gunakan Pelembap di Area Miss V

?

Ketika suhu udara turun, kulit menjadi kering.  Bila lengan, kaki dan wajah Anda terasa kering, Anda dapat dengan mudah memberikan pelembap untuk membuat kulit Anda terhidrasi. Bagaimana jika yang kering adalah kulit di area intim Anda? Jika terasa kering, bersisik dan gatal, dan Anda yakin itu bukan karena PMS atau kondisi kulit lainnya, apakah aman menggunakan pelembap? 

Menurut dr. Sherry Ross, seorang ginekolog dan penulis buku She-ology: Panduan Definitif untuk Kesehatan Area Intim, jangan sembarang mengoleskan pelembap pada kulit di area intim Anda. Pasalnya kulit vulva Anda sangat sensitif dan mudah teritasi oleh produk dengan aditif buatan (seperti sabun harum, pembersih tubuh, pelembap dan sebagainya). 

Menggunakan sabun yang lembut tanpa pewangi, adalah cara ideal untuk mencuci dan melembapkan daerah yang sensitif, kata dr. Ross. Setelah itu, tepuk-tepuk area kulit Miss V Anda dengan handuk dan biarkan mengering.  

Penyebab kulit vulva cenderung kering, kemungkinan berkaitan dengan apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Kemungkinan tubuh Anda mengalami dehidrasi karena Anda tidak cukup minum air putih dan kurang mengonsumsi buah dan sayuran yang memiliki kandungan air tinggi. 

Bila tubuh Anda terhidrasi dengan benar, kulit luar vagina, termasuk labia dalam dan luar, tidak terlalu rentan terhadap kekeringan, dan bagian dalam vagina akan lembap dan terlumasi  dengan baik juga.

Minum banyak air dapat membantu melembapkan sistem tubuh Anda dan menjaga kulit di sekitar vagina Anda tetap lembap. Tetapi jika daerah itu masih terasa kering dan gatal, dr. Ross merekomendasikan untuk mandi air hangat, tambahkan sedikit minyak kelapa extra virgin ke dalam air, dan berendam di dalamnya selama 20 menit 3-4 kali minggu.

Jika Miss V Anda yang terasa kering atau gatal, mungkin ada hal lain, seperti fluktuasi hormon yang biasa terjadi saat seorang wanita menyusui atau mengalami menopause atau bahkan perimenopause. Kekeringan vagina juga bisa disebabkan oleh endometriosis atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Jika ini adalah jenis kekeringan yang Anda hadapi, tanyakan kepada dokter Anda untuk mencari tahu alasannya, dan untuk sementara, gunakan pelumas saat berhubungan intim untuk mengurangi kekeringan pada Miss V. 



0 Response to "Bolehkah Gunakan Pelembap di Area Miss V"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...