4 Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Harus Operasi




Batu ginjal adalah materi menyerupai batu sebagai hasil dari penggumpalan zat dan mineral yang terbentuk di dalam ginjal. Biasanya, batu ginjal disebabkan oleh dehidrasi kronis, pola makan tinggi protein, efek samping obat, hingga faktor keturunan. Batu ginjal umumnya ditangani dengan operasi untuk mencegah komplikasi kesehatan yang berbahaya. Meski begitu, ada beberapa obat batu ginjal alami yang bisa Anda coba, tanpa harus operasi.


Beragam obat batu ginjal tanpa harus operasi


1. Awali dengan minum cukup air


Dehidrasi merupakan salah satu faktor risiko utama pembentukan batu ginjal di dalam tubuh Anda. Minum air yang cukup setiap hari, dapat menjadi obat batu ginjal tanpa operasi.  Upayakan untuk minum 12 gelas air per hari, lebih dari anjuran sehari-hari yang berkisar sekitar 8 gelas perhari. Lakukan ini setiap hari dalam beberapa waktu.


Jangan lupa juga perhatikan warna urin anda. Urin yang normal seharusnya berwarna bening. Jika urin Anda memiliki warna lain seperti kuning atau merah, tandanya ada yang salah dengan tubuh Anda. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.  


2. Minum air lemon


Selain minum air putih, Anda bisa mengkreasikan air yang Anda minum engan menambahkan lemon segar di dalamnya. Lemon adalah buah mengandung sitrat, yang merupakan bahan kimia untuk mencegah pembentukan batu kalsium di dalam tubuh. Sitrat juga bisa memecah batu-batu kecil, memungkinkan mereka untuk melewati ginjal dengan lebih mudah.


Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi jus lemon yang  memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Misalnya, hal ini membantu menghambat pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan di tubuh Anda.


3. Shock Wave Lithotripsy (SWL)


SWL merupakan salah satu obat batu ginjal tanpa operasi yang bisa Anda pilih. Metode ini digunakan untuk menghilangkan batu di ginjal atau di saluran kencing. Di sini, akan digunakan gelombang kejut difokuskan pada batu ginjal menggunakan sinar-X atau ultrasound.


Penembakan berulang menggunakan elombang kejut biasanya menyebabkan batu itu pecah menjadi potongan-potongan kecil. Potongan batu yang lebih kecil ini diharapkan jadi mudah keluar melalui urin selama beberapa minggu setelah Anda melakukan SWL.


4. Cuka apel


Cuka apel adalah minuman yang mengandung asam sitrat. Sama dengan lemon, bahwa asam sitrat pada cuka apel dapat membantu melarutkan batu ginjal. Cuka apel dapat meningkatkan asam pada lambung untuk mencegah pembentukan batu baru. Selain membantu zat keluar lewat ginjal lebih mudah, cuka sari apel juga bisa meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh adanya batu dalam saluran kencing.


Sebaiknya jangan mengonsumsi lebih dari satu gelas 8 ons air seduhan cuka apel setiap hari. Jika tertelan dalam jumlah yang lebih besar, cuka sari apel dapat menyebabkan kadar kalium dan osteoporosis rendah. Penderita diabetes harus berhati-hati saat meminum campuran ini. Pantau kadar gula darah Anda dengan hati-hati sepanjang hari.


Tidak dianjurkan meminum campuran air dan cuka apel jika Anda mengonsumsi beberapa obat berikut:



  • Insulin

  • digoxin (Digox)

  • Diuretik, seperti spironolakton (Aldactone)


0 Response to "4 Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Harus Operasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...