3 Alasan untuk Rutin Minum Jus Buah Bit Sebelum Berolahraga (Bisa Menambah Stamina, Lho!)




Akhir-akhir ini, manfaat buah bit semakin banyak dikenal terutama untuk menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, bagi Anda yang gemar olahraga atau berprofesi sebagai atlet, bit ternyata menawarkan khasiat menakjubkan buat performa olahraga Anda. Inilah mengapa banyak atlet Olimpiade rutin minum jus buah bit sebelum bertanding.


Apa saja nutrisi yang terkandung dalam jus buah bit?


Dalam buah bit, Anda akan mendapatkan berbagai nutrisi penting seperti folat, kalium, vitamin C, serat, nitrat, magnesium, protein, dan antioksidan. Beragam nutrisi ini baik untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi harian Anda.


Secangkir jus buah bit mengandung kira-kira 100 kalori dan 25 gram karbohidrat. Bit memang termasuk jenis buah yang tinggi akan gula. Maka, Anda yang punya gula darah tinggi atau penyakit diabetes sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter Anda sebelum mulai rutin minum jus buah bit.


Khasiat rutin minum jus buah bit untuk performa olahraga


Sudah saatnya Anda yang gemar berolahraga rutin minum jus buah bit, misalnya segelas per hari. Dengan minum segelas jus bit setiap hari, Anda bisa memetik berbagai manfaat berikut ini.


1. Menambah stamina


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari University of Exeter dan Peninsula Medical School di Inggris mengungkapkan bahwa jus buah bit mampu tingkatkan stamina dan ketahanan fisik. Para peserta penelitian ini diminta untuk rutin minum jus bit selama enam hari sebelum melakukan olahraga berat. Setelah itu, ternyata peserta bisa berolahraga kira-kira 16 persen lebih lama dari sebelum rutin minum jus bit.


Ini lantaran buah bit memang kaya akan kandungan nitrat yang bisa diubah menjadi nitrat oksida dalam tubuh. Senyawa ini berguna untuk memaksimalkan penggunaan oksigen selama Anda beraktivitas fisik. Karena itu, tubuh pun tak akan mudah kehilangan oksigen dan Anda jadi bisa berolahraga lebih lama.


2. Meningkatkan kekuatan otot


Selain menambah stamina, jus bit juga baik untuk membentuk kekuatan otot. Sebuah penelitian oleh para pakar dari Washington University School of Medicine di Amerika Serikat berhasil membuktikan hal ini. Dua jam setelah minum jus bit, para peserta penelitian rupanya menunjukkan peningkatan kekuatan otot hingga 13 persen banyaknya.


Lagi-lagi, penyebabnya yaitu kandungan nitrat yang tinggi. Nitrat mampu melancarkan aliran darah pada pembuluh vena dan arteri. Darah yang penuh oksigen pun akan meningkatkan fungsi serta kekuatan otot Anda.  


3. Meningkatkan performa saat berolahraga


Dibuktikan dalam European Journal of Applied Physiology, minum jus buah bit sebelum berlari mampu meningkatkan kecepatan lari para atlet hingga 1,5 persen. Penelitian lain dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise juga mencatat bahwa para atlet yang minum segelas jus bit sebelum bersepeda rupanya mengalami peningkatan kecepatan sampai 3 persen. Tak hanya soal kecepatan, para atlet sepeda ini juga menunjukkan kayuhan pedal yang lebih kuat dari sebelumnya.


Khasiat ini bisa Anda dapatkan berkat kandungan nitrat, protein, vitamin, dan mineral yang kaya dalam bit. Namun, minum jus saja memang tidak cukup untuk membuat Anda mahir olahraga dalam sekejap. Anda masih harus berlatih seperti biasa dengan bantuan jus buah bit.


0 Response to "3 Alasan untuk Rutin Minum Jus Buah Bit Sebelum Berolahraga (Bisa Menambah Stamina, Lho!)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...