16 Kebiasaan Bayi Baru Lahir Paling Sering

16 Kebiasaan Bayi Baru Lahir Paling Sering


























Setelah ibu melewati proses kehamilan selama sembilan bulan lalu masuk ke fase proses persalinan maka akhirnya ibu bertemu dengan bayi yang baru lahir. Merawat bayi yang baru lahir bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa melihat bayi masih sangat lembut. Kemudian Anda akan memberikan ASI sebagai makanan utama untuk bayi. Namun merawat bayi yang baru lahir juga tidak mudah. Terkadang Anda masih merasa khawatir dengan berbagai mitos mitos bayi baru lahir yang banyak beredar di masyarakat. Daripada Anda bingung mengenai hal ini maka lebih baik menyimak informasi kebiasaan bayi baru lahir yang sering terjadi, seperti dibawah ini.



  1. Tidur sangat lama pada siang hari


Salah satu persiapan orang tua setelah bayi lahir adalah sering terjaga saat malam hari. Banyak ibu yang mengeluh tentang kebiasaan bayi ini. Pada dasarnya bayi Anda memang akan lebih sering tidur pada siang hari. Kemudian pada malam hari mereka justru terbangun dan minta untuk ditemani. Beberapa bayi juga selalu minta disusui saat malam hari. Untuk mengatasinya maka coba jelaskan dengan cara yang lembut pada bayi mengenai waktu siang dan malam. Efeknya memang tidak cepat karena bayi Anda juga butuh belajar. Dan cobalah untuk tetap selalu menjaga penggunaan box bayi  agar tidak terkena bahaya bayi jatuh terlentang.




  1. Kaget saat tidur


Meskipun bayi yang lahir memang tidur sangat lama tapi mereka terlihat tidak nyenyak, tapi juga tidak segera bangun. Anda mungkin akan mengalami bayi sering kaget dan menangis saat tidur. Beberapa mitos mengatakan jika bayi  bertemu dengan mahluk halus. Tapi ternyata semua itu tidak tepat. Ada berbagai penyebab bayi kaget saat tidur yang bisa diatasi dengan cara mengatasi bayi kagetan. Anda bisa mencoba untuk membuat kamar tidur bayi tenang dan menemani bayi di sampingnya. Tapi Anda harus waspada jika bayi sering kaget seperti kejang yang bisa menjadi pertanda kondisi tertentu.



  1. Cegukan setelah minum ASI


Memberikan ASI pada bayi yang baru lahir memang sangat disarankan. ASI menjadi salah satu makanan penting untuk pertumbuhan bayi. Tapi beberapa bayi bisa mengalami cegukan setelah minum ASI. Anda hanya akan melihat bayi cegukan dengan suara keras seperti orang dewasa. Bisa saja bayi Anda minum ASI dengan cepat sehingga ada banyak udara dalam kerongkongan bayi. Akibatnya bayi akan cegukan untuk mengeluarkan udara tersebut. Untuk itu maka cobalah melakukan cara menghentikan cegukan pada bayi setelah minum ASI.





  1. Sendawa setelah minum ASI


Kebiasaan bayi baru lahir yang lain adalah bahwa mereka sangat sering bersendawa. Seperti orang dewasa maka bayi bisa sendawa setelah minum ASI atau susu formula. Memang ini bukan hal yang buruk karena ada berbagai manfaat sendawa bagi bayi termasuk untuk mengatasi perut kembung setelah disusui. Kemudian jika bayi tidak bisa bersendawa maka Anda bisa membantu dengan cara menyendawakan bayi dengan metode yang sangat alami.



  1. Sering muntah saat baru tidur


Kebiasaan lain yang sering membuat orang tua merasa panik adalah bayi akan lebih sering muntah saat baru tidur. Kondisi ini bisa terjadi ketika bayi sudah sangat kenyang tapi tidak berhenti menghisap ASI atau susu formula. Tapi ibu juga harus waspada ketika bayi sering melakukan ini akibat minum susu formula. Ibu juga harus melihat gejala alergi susu sapi pada bayi  sehingga tahu tentang tata cara mengatasi bayi alergi susu sapi sehingga jangan panik. Merawat bayi yang muntah saat tidur sangat penting karena cairan muntah bisa menyebabkan bayi tersedak.



  1. Mengantuk tapi tidak mau tidur


Kebiasaan lain yang juga sangat sering terjadi pada bayi laki-laki dan perempuan adalah bahwa bayi sering mengantuk tapi tidak mau tidur. Anda mungkin akan melihat tingkah laku bayi yang sangat menggemaskan. Ketika Anda gendong maka bayi akan tertidur tapi ketika diletakkan pada tempat tidur bayi maka bayi akan cepat menangis. Ini bisa menjadi tanda bahwa bayi Anda sangat ingin berdekatan dengan orang tuanya.



  1. Lapisan kasar pada kulit kepala bayi


Munculnya lapisan kasar pada kulit bayi akan terjadi setelah bayi berumur beberapa hari. Ini adalah hal yang sangat normal dan bisa terjadi pada semua bayi. Anda tidak perlu panik karena lapisan tipis ini bisa dibersihkan. Anda bisa menggunakan minyak bayi yang dioleskan setelah mandi. Kemudian Anda juga bisa mencoba langkah cara membersihkan kulit kepala bayi baru lahir sehingga lapisan kasar ini tidak akan muncul pada kulit bayi.



  1. Sering buang air besar


Pada bayi yang baru lahir maka mereka juga akan lebih sering buang air. Kotoran bayi yang baru lahir biasanya berbentuk lebih cair. Bayi Anda memang hanya minum ASI atau susu formula. Kemudian bayi menjadi lebih sering buang air karena pencernaan mereka yang masih berkembang. Kemudian baru setelah beberapa minggu maka kotoran bayi menjadi lebih padat dan tidak sesering ketika baru lahir. Tapi ini lebih baik daripada bayi sembelit sehingga membutuhkan cara mengatasi sembelit pada bayi



  1. Kulit bayi kemerahan


Pada bayi yang baru lahir maka mereka memiliki kulit yang sangat sensitif. Anda bisa menemukan ada banyak bintik merah pada kulit bayi sehingga terlihat seperti biang keringat. Bahkan tidak hanya muncul pada kulit tubuh tapi juga wajah bayi. Anda tidak perlu khawatir selama tidak ada tanda infeksi kulit pada bayi  dan penyakit kulit pada bayi . Bintik merah akan hilang secara alami tanpa obat apapun. Anda hanya perlu memandikan bayi secara rutin dengan cara memandikan bayi baru lahir.



  1. Mengerang saat tidur


Saat bayi tidur maka beberapa bayi juga bisa mengerang dan ini menjadi respon yang sangat normal pada bayi yang baru lahir. Terkadang bayi juga akan mendengus dan terlihat seperti tidur yang sangat nyenyak. Selama bayi tidak menunjukkan gejala sesak nafas, rewel dan wajah yang pucat maka bayi Anda sangat sehat. Tapi jika bayi terlihat pucat dan sulit bernafas maka itu bisa menjadi tanda ada banyak lendir dalam saluran pernafasan bayi.



  1. Sering bersin


Pada bayi yang baru lahir maka mereka juga akan lebih sering bersin. Anda bisa panik tapi selama tidak ada gejala pilek atau flu pada bayi maka itu tidak masalah. Bayi menjadi lebih sering bersin karena sistem saluran pernafasan bayi masih sensitif. Ketika ada debu kecil atau partikel yang sangat kecil pada hidung bayi maka mereka akan bersin untuk membersihkan benda tersebut. Tapi Anda juga harus waspada jika ini menjadi tanda alergi pada bayi.



  1. Gerakan tubuh yang acak


Bayi yang baru lahir biasanya memang terlihat lemah dan tidak banyak bergerak. Tapi setelah beberapa hari maka bayi Anda bisa menjadi lebih banyak bergerak. Gerakan bayi sangat acak karena itu adalah bagian dari reflek tubuh bayi. Perkembangan sistem syaraf dan organ bayi berkembang dengan baik. Dan gerakan yang acak biasanya menunjukkan tanda yang normal. Karena itu saat sangat disarankan bayi dibedong dengan cara yang benar, agar bayi lebih hangat dan tenang.



  1. Kepala sangat lembut


Bagian kepala bayi yang baru lahir juga akan terlihat sangat lembut. Saat baru lahir maka bayi terlihat sangat halus. Jika disentuh maka kepala bayi memang masih lunak. Ini tidak masalah dan biasanya kepala bayi akan tumbuh normal. Namun untuk bayi yang mengalami kelainan seperti penyebab down syndrome maka kepala bayi akan lebih besar. Jadi jika ada kondisi yang tidak wajar maka segera lalukan pemeriksaan ke dokter anak terdekat.




  1. Tertawa sendiri saat tidur


Bayi yang tertidur nyenyak biasanya memang sangat menyenangkan untuk dilihat. Namun ketika sedang tidur maka bayi Anda bisa tertawa sendiri. Sebenarnya ini bisa menjadi kondisi yang sangat wajar dan juga lucu. Bayi tertawa bukan karena mereka tahu ada yang lucu, tapi karena respon bayi pada sistem syaraf mereka. Bayi bisa menjadi aneh tapi ini juga sangat normal. Kebiasaan ini akan hilang ketika bayi sudah agak besar.



  1. Mata bayi berlipat


Pada bayi yang baru lahir maka mata mereka juga akan terlihat lebih sipit. Beberapa bayi yang baru lahir memang langsung membuka mata mereka. Tapi ketika bayi melihat cahaya maka bayi akan memberikan respon yang kuat pada bagian mata. Karena itu mata bayi akan terlihat berlipat saat membuka mata. Ini kondisi yang normal sehingga Anda tidak perlu khawatir, kecuali jika ada tanda penyakit mata pada bayi.


Inilah berbagai kebiasaan bayi baru lahir yang paling sering sehingga ibu tidak perlu panik. Kebiasaan ini sangat wajar dan biasanya juga tidak menyebabkan penyakit untuk bayi yang sehat.
































0 Response to "16 Kebiasaan Bayi Baru Lahir Paling Sering"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...