Tidak Suka Air Putih Minum Ini Agar Terhindar dari Dehidrasi

 Tidak Suka Air Putih? Minum Ini Agar Terhindar dari Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa terjadi pada setiap orang. Untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih 6 sampai 8 gelas setiap harinya. Namun, banyak dari Anda yang mungkin tidak terlalu suka mengonsumsi air putih. 

Lalu, bagaimana menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan jika tidak suka air mineral? Berikut beberapa minuman yang dapat mencegahnya untuk Anda yang tidak menyukai air mineral.

1. Jus Semangka
Jus semangka membantu meringankan nyeri otot pasca latihan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa L-citrulline (semangka kaya akan asam amino ini) membantu mengurangi denyut jantung pemulihan dan nyeri otot. 

Carilah jus semangka di toko makanan kesehatan, tetapi periksa kembali dan pastikan bahwa itu bukan minuman semangka dengan perasa dan banyak tambahan gula. Lebih baik lagi, jika Anda membuat sendiri di rumah.

2. Jus Tomat
Jus tomat kaya akan lycopene, antioksidan alami yang melindungi kesehatan jantung dan membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga. Tambahkan air jika Anda merasa terlalu banyak serat.

3. Jus Ceri
Jus ceri dapat mengurangi nyeri otot akibat olahraga, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine. Seperti jus semangka, carilah jus kemasan yang tidak memiliki banyak tambahan gula, atau buatlah sendiri dirumah dan encerkan dengan air seperti yang diinginkan.

4. Susu
Susu sama seperti air, sama-sama menghindarkan Anda dari dehidrasi, meningkatkan sintesis protein otot dan daya tahan saat berolahraga, menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of International Society of Sports Nutrition.

Namun, tetap usahakan untuk mengkonsumsi air mineral. Jika Anda tidak menyukai rasa dari air mineral yang tawar, tambahkan potongan lemon, stroberi, atau daun mint ke dalam air. Hal itu, dapat menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Ditinjau oleh: dr. Jezy Reisya

0 Response to "Tidak Suka Air Putih Minum Ini Agar Terhindar dari Dehidrasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...