Berapa Lama Vagina Kembali Normal Setelah Melahirkan

?

Vagina bersifat elastis, jadi berapa kali pun Anda melahirkan, tetap bisa kembali normal, hanya saja memerlukan waktu.

Memiliki bayi adalah tanggung jawab besar dan membawa perubahan besar. Tidak hanya dalam hal waktu dan kesibukan tapi juga menyangkut perubahan fisik, termasuk pada kelamin wanita itu sendiri.

Sebagaimana kita tahu, melahirkan normal menyebabkan peregangan pada kelamin wanita, tak jarang juga menimbulkan luka robek. Ini menimbulkan banyak pertanyaan di benak wanita, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar organ intimnya tersebut bisa kembali ke normal?

"Setelah seorang wanita memiliki bayi, dibutuhkan sekitar enam minggu bagi kelamin wanita untuk kembali normal," kata dokter kebidanan dan kandungan, Pari Ghodsi, MD. Selama waktu itu, Anda bisa pendarahan atau mengeluarkan bercak-bercak darah.

Jika saat melahirkan terjadi luka robek, biasanya dokter akan segera menjahitnya segera setelah bayi keluar. Butuh waktu sekitar satu bulan sampai jahitan benar-benar kering.

Sembuh dan kembali ke bentuk normal adalah dua hal yang berbeda. Dr. Ghodsi mengakui bahwa melakukan hubungan seks mungkin akan terasa berbeda, setidaknya di waktu-waktu awal. "Vagina mungkin akan terasa sakit dan kering. Umumnya seperti itu di awal Anda kembali melakukan hubungan seks setelah melahirkan," kata Ghodsi.  Itu terutama berlaku jika Anda menyusui karena menyusui dapat membuat organ intim wanita cenderung kering. Anda bisa menggunakan pelumas berbasis air jika hubungan seks benar-benar terasa tidak nyaman. Biasanya, semua akan kembali normal di minggu ke-enam setelah Anda melahirkan.

Ada kemungkinan juga vagina terasa lebih longgar. Tapi jangan khawatir, secara bertahap organ intim Anda akan kembali normal. Dr. Ghodsi mengatakan latihan Kegel dapat membantu mengencangkan organ intim wanita dengan lebih cepat.

Tapi, di atas semua itu, sangat penting untuk memberikan waktu istirahat kepada organ intim Anda sampai luka jahitan sembuh, pendarahan berhenti dan Anda kembali nyaman bermesraan lagi dengan suami.


Ditinjau oleh: dr. Jezzy Reisya

0 Response to "Berapa Lama Vagina Kembali Normal Setelah Melahirkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...