Blue Baby Syndrome

Blue Baby Syndrome










Sayur segar sangat dianjurkan untuk disertakan dalam menu makan kita sehari-hari, termasuk makanan bayi. Lalu, bagaimana dengan dugaan nitrat yang menjadi  pemicu terjadinya ?
adalah kondisi keracunan nitrat  (methehemoglobinemia) yang dipicu oleh terjadinya proses perubahan nitrat yang masuk ke dalam tubuh menjadi nitrit (NO2). Nitrit ini menyebabkan hemoglobin (protein sel darah merah) tidak dapat mengangkut dan melepaskan oksigen seperti seharusnya (methehemoglobin).
Dalam keadaan normal, kadar methehemoglobin  dalam darah kurang dari 1%. Bila berlanjut, gangguan ini bisa  mengakibatkan bayi mengalami hipoksemia atau rendah oksigen yang antara lain ditandai dengan kulit di sekitar mata dan mulut menjadi berwarna biru atau keunguan. Kondisi ini dapat mengancam keselamatan bayi sehingga harus ditangani segera dengan bantuan dokter.
Itu sebabnya, American Academy of Pediatrics (AAP) tidak merekomendasi pemberian makanan yang menggunakan sayuran seperti wortel pada bayi yang berumur kurang dari 3 bulan. Karena, baru pada usia sekitar  3 bulan, terjadi peningkatan jumlah asam klorida dalam lambung bayi yang bisa membunuh sebagian besar bakteri yang membantu proses perubahan nitrat menjadi nitrit  Selain itu, jenis sel darah merah dalam darah bayi dan rendahnya aktivitas enzim yang dapat menetralisir methehemoglobin juga memengaruhi mudahnya terjadi methehemoglobinemia pada bayi kurang dari 3 bulan.
Pada usia 6 bulan, sistem pencernaannya sudah berkembang dengan baik sehingga tidak ada lagi bakteri pengubah nitrat yang bisa bertahan. Jadi, bila Anda baru mulai memberi makanan pendamping ASI (MP-ASI) setelah usai masa ASI eksklusif 6 bulan, maka kemungkinan terjadinya adalah 0%. Karena, pada saat itu perut bayi seharusnya sudah bisa mengatasi paparan nitrat yang masuk ke dalam tubuhnya. Pada anak yang lebih besar dan orang dewasa, nitrat akan diserap dan dikeluarkan lagi dari tubuh sehingga methehemoglobinemia tidak lagi jadi masalah.

 




0 Response to "Blue Baby Syndrome"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...