6 Faktor yang Mempengaruhi Metabolisme Tubuh Anda




Metabolisme adalah seluruh proses kimia yang terjadi dalam tubuh saat mengubah makanan Anda menjadi energi. Keseluruhan proses kimia inilah yang menghasilkan dan mengedarkan energi yang tubuh Anda butuhkan untuk kelangsungan hidup.


Tapi, tak semua orang memiliki kecepatan metabolisme yang berbeda-beda. Ada yang cepat, ada yang lambat. Kecepatan metabolisme ini juga mempengaruhi seberapa cepat Anda lapar lagi, dan seberapa cepat tubuh membakar kalori. Apa saja yang mempengaruhi metabolisme seseorang?


Faktor-faktor yang mempengaruhi metabolisme


1. Waktu tidur


Waktu tidur dapat mempengaruhi metabolisme Anda dengan membantu untuk tetap stabil. Tubuh Anda tentu akan kesulitan menghasilkan energi saat tubuh kelelahan dan dipaksakan bekerja pada waktu yang seharusnya tubuh beristirahat. Kondisi ini juga dapat memicu penyakit yang secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi performa metabolisme tubuh seperti diabetes dan kegemukan.


Suatu penelitian dilakukan di Universitas Pennsylvania kepada 36 orang dewasa selama 5 hari. Mereka diizinkan tidur hanya selama 4 jam tiap malam. Hasilnya, kurang tidur saat malam menyebabkan metabolisme tubuh jadi melambat 50 hingga 60 kalori per hari.


2. Hormon


Beberapa hormon dapat mempengaruhi kecepatan proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh Anda. Beberapa kondisi seperti diabetes serta tiroid yang overaktif atau mungkin kurang aktif merupakan contohnya. Stres juga dapat memperlambat kecepatan dalam tubuh Anda dengan melepaskan hormon kortisol. Keberadaan hormon ini, berpotensi menghambat penggunaan insulin yang dibutuhkan dalam proses metabolisme.


3. Usia


Terhitung sejak usia 40 tahun, metabolisme Anda akan secara alami mengalami perlambatan sekitar 5 persen tiap tahun. Hal ini dikarenakan seiring bertambahnya usia, Anda akan cenderung kehilangan otot dan menambah massa tubuh Anda, sehingga hanya sedikit kalori yang akan dibutuhkan. Penuaan juga mempengaruhi kelenjar tiroid yang memegang peranan dalam cepat lambatnya metabolisme.


4. Makanan yang dikonsumsi


Tubuh Anda membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk diubah menjadi energi dan melakukan aktivitas sehari-hari. Kelenjar tiroid dalam tubuh Anda juga membutuhkan iodine yang cukup untuk mengelola metabolisme yang terjadi. Selain untuk kesehatan tulang Anda, kalsium juga dibutuhkan sebagai nutrisi dalam proses metabolisme. Keberadaan karbohidrat dalam takaran tertentu juga diperlukan dalam proses metabolisme untuk menghasilkan insulin.


5. Cairan dalam tubuh


Keberadaan cairan dalam tubuh mempengaruhi metabolisme dalam tubuh Anda. Hal ini dikarenakan cairan diperlukan pada proses metabolisme untuk membakar energi dan sebagai bahan bakar pengurangan massa tubuh. Kekurangan cairan dalam tubuh justru dapat menghambat proses metabolisme.


6. Obat-obatan


Kondisi kesehatan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi metabolisme. Saat Anda sedang mengonsumsi beberapa obat-obatan tertentu seperti antidepresan, ini ternyata dapat memicu perlambatan proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh.


0 Response to "6 Faktor yang Mempengaruhi Metabolisme Tubuh Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...