5 Kondisi yang Bisa Bikin Lidah Anda Terasa Gatal




Lidah adalah organ tubuh yang berfungsi membantu tubuh untuk mencerna makan, menelan, berbicara, dan lainnya. Akan tetapi, yang jarang orang ketahui, penampakan lidah juga bisa mencerminkan kesehatan tubuh secara umum. Misalnya saja lidah kuning yang mungkin menandakan Anda punya sakit kuning atau hanya sebatas mulut kering dan jarang sikat gigi. Lalu, bagaimana dengan lidah gatal, kering, dan berwarna pucat? Apa penyebabnya? Simak jawabannya di bawah ini.


Berbagai hal yang bisa menyebabkan lidah gatal


1. Alergi


Alergi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang menyebabkan lidah gatal, terutama reaksi alergi makanan. Beberapa jenis makanan yang umum menyebabkan alergi adalah kacang dan biji-bijian (almond, hazelnut, kedelai, atau gandum), makanan laut (kerang, ikan, udang, dan kepiting), serta susu dan telur. 


Selain itu, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa protein yang ditemukan pada beberapa buah dan sayuran memiliki efek pemicu alergi yang hampir sama dengan protein dalam golongan makanan di atas. Beberapa buah dan sayuran yang paling umum yang dapat menyebabkan lidah gatal adalah nanas,  persik, nektarin, apel, ceri, plum, pir, melon, kiwi, pisang, wortel, seledri, timun, dan zucchini.


2. Komplikasi diabetes


Sistem kekebalan tubuh yang melemah disertai dengan kondisi diabetes yang Anda miliki dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi jamur pada mulut (infeksi ragi oral) dan infeksi lainnya. Ini dapat menyebabkan lidah terasa gatal, kebas, atau bahkan berbulu.


Pasalnya, tingginya gula dalam darah pada orang yang punya diabetes akan menjadi makanan dan sumber energi yang berlimpah untuk jamur dan bakteri. Akibatnya, bakteri semakin berkembang biak dan menyebabkan infeksi.


Namun demikian, komplikasi diabetes yang satu ini tergolong ringan dan dapat dicegah dengan mudah. Anda hanya perlu rutin menjaga kebersihan mulut dan gigi, serta menjaga kadar gula tetap dalam kisaran yang normal.


3. Mengonsumsi alkohol atau merokok


Rokok dan minuman alkohol dapat menyebabkan lidah gatal akibat iritasi dari bahan-bahan kimia komposisinya. Selain itu, merokok cenderung meningkatkan risiko terkena sariawan dan mulut kering (xerostomia) penyebab gatal.


4. Lidah terbakar karena makanan atau minuman panas


Terburu-buru melahap makanan panas dapat menyebabkan lidah terbakar yang ditandai dengan lidah terasa panas dan gatal. Kedua sensasi menyebalkan ini juga bisa terjadi di area mulut lainnya, seperti bagian dalam pipi, gusi, bibir, atau langit-langit mulut. Gejala lain yang mungkin menyertai termasuk rasa haus dan mulut kering.


5. Infeksi jamur


Infeksi jamur pada lidah bisa menyebabkan lidah gatal, berwarna pucat, dan terkadang menimbulkan sariawan. Dalam kasus yang parah kadang infeksi jamur bisa merambat ke bagian dalam pipi dan tenggorokan Anda. Kondisi ini lebih cenderung terjadi pada bayi dan orang dewasa yang lebih tua karena kekebalan tubuh mereka yang rendah. Tetapi jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, gejalanya mungkin lebih parah dan perkembangan jamur pun sulit dikendalikan.


0 Response to "5 Kondisi yang Bisa Bikin Lidah Anda Terasa Gatal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...