5 Cara Alami Terbaik yang Ampuh Mengatasi Mulut Pahit




Pernahkah Anda terbangun di pagi hari dengan rasa pahit atau asam di mulut Anda? Meskipun ada berbagai macam penyebab rasa pahit di mulut, namun umumnya mulut pahit terjadi karena asam lambung naik atau efek samping mengonsumsi obat-obatan. Tidak hanya itu, kebersihan gigi dan mulut yang buruk juga ternyata berkontribusi besar terkait kondisi ini.


Mulut terasa pahit memang akan memberikan ketidaknyaman dan menurunkan selera makan Anda. Namun jangan khawatir. Ada beberapa cara alami yang dipercaya ampuh mengatasi mulut pahit. Penasaran ingin coba?


Berbagai cara alami untuk mengatasi mulut pahit


1. Kumur larutan soda kue


Baking soda ternyata dapat membantu menetralkan rasa pahit di mulut Anda. National Cancer Institute merekomendasikan Anda untuk berkumur dengan larutan baking soda jika mulut Anda sering terasa pahit. Larutkan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kemudian kumur-kumurlah dengan air tersebut lalu bilas dengan air bersih sesudahnya.


2. Makan buah jeruk


Makan buah jeruk atau lemon bisa membantu menghilangkan sensasi pahit dari mulut Anda. Bagi kebanyakan orang, cara ini dinilai manjur jika Anda memiliki rasa tidak enak di mulut karena mengonsumsi obat-obatan tertentu ataupun hamil. Hal ini terjadi karena rasa asam buah jeruk yang tajam mampu membantu menstimulasi indera perasa Anda.


3. Sikat lidah


Menyikat atau membersihkan lidah secara perlahan akan membantu menyingkirkan rasa pahit di mulut Anda. Pasalnya, lidah juga bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri selain di gusi dan gigi. Nah, menumpukknya bakteri di reseptor pengecap lidah ini akan mengakibatkan mulut menjadi bau dan berujung pada masalah kesehatan mulut dan gigi yang lainnya.


Namun ingat, pastikan Anda menyikat lidah menggunakan alat khusus pembersih lidah. Bukan dengan sikat gigi.


4. Jaga kebersihan mulut yang baik


Selain berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, menjaga kebersihan mulut yang baik ternyata juga merupakan cara ampuh untuk mencegah penumpukan bakteri dan sekaligus membantu menyingkirkan rasa tidak enak di dalam mulut Anda


Kebiasaan yang satu ini mudah dilakukan. Cukup menyikat gigi dua kali sehari saat bangun pagi dan sebelum tidur. Selain itu, jangan lupa rutin melakukan flossing gigi secara teratur setidaknya sekali sehari.


5. Cara lainnya


Beberapa cara alami lainnya yang bisa membantu menghilangkan rasa pahit di mulut Anda termasuk:



  • Banyak minum. Ini dilakukan untuk mengurangi kadar asam di perut Anda dan membuang racun dari mulut Anda.

  • Kunyah permen karet bebas gula beraroma jeruk atau peppermint setelah mengonsumsi makanan pedas.

  • Kunyah setidaknya satu sendok teh cengkeh atau kayu manis.

  • Batasi konsumsi makanan berlemak, berminyak, asam, dan pedas yang bisa memicu asam lambung naik.

  • Ambil porsi makanan yang lebih kecil, kunyah makanan secara menyeluruh, dan makanlah secara perlahan.

  • Hindari kafein, rokok, dan alkohol.


0 Response to "5 Cara Alami Terbaik yang Ampuh Mengatasi Mulut Pahit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...