3 Aktivitas Hari Bumi Yang Juga Baik untuk Kesehatan




Selamat Hari Bumi!


Pernahkah terpikir oleh Anda, hal apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk membantu kelangsungan hidup bumi selain mematikan listrik setiap kali Earth Hour?


Berikut adalah beberapa alternatif ide kegiatan ramah lingkungan sederhana tapi seru yang Anda bisa lakukan dengan teman dan keluarga. Tidak hanya baik untuk menjaga kelestarian bumi, namun juga baik untuk tubuh Anda.


Berkebun


Selain menghijaukan lingkungan, berkebun ternyata memiliki manfaat tersembunyi untuk kesehatan tubuh. Kegiatan ini mengharuskan kita beraktivitas di luar ruangan, bermandikan sinar matahari. Seperti yang kita tahu, sistem imun tubuh memerlukan sinar matahari pagi untuk mengolahnya menjadi vitamin D. Salah satu dari sekian banyak manfaat vitamin D adalah mencegah osteoporosis, dari penyerapan kalsium ke dalam tulang dan otot.


Terlebih lagi, gerakan bercocok tanam yang rutin dan berulang bisa membawa efek yang signifikan terhadap vitalitas tubuh secara keseluruhan. Sylvia Holland, ahli berkebun dari program Vancouvers Green Streets, berpendapat bahwa rutin berkebun meningkatkan kekuatan dan kesehatan aerobik.


Bersepeda


Akhir pekan ini, coba ganti rutinitas jalan-jalan di mall dan ajak teman, pasangan, atau anak Anda untuk bersepeda keliling rumah. Bersepeda semakin digemari masyarakat. Makin banyak pula komunitas sepeda lokal yang bisa Anda ikuti, seperti Komunitas Sepeda Tua Indonesia, Bike2Work, dan Cycling Indonesia.


Menurut Jenny Brown, seorang pelatih kebugaran dan pelatih bersepeda di St. Catharines, Amerika Serikat, selain bisa mengurangi kadar emisi gas buang lingkungan (juga, mengurangi pengeluaran bulanan untuk BBM!), bersepeda membangun kekuatan tubuh bagian bawah Anda: mulai dari paha, betis, hingga bokong. Otot Anda akan mengencang, tanpa massa tambahan, ujarnya. Anda juga akan memperkuat otot inti karena bersepeda akan membiasakan Anda melatih fokus tubuh untuk tetap seimbang dan tegap selama bersepeda.


Rutin bersepeda juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental dan emosional. Penelitian tahun 2008 dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa partisipan pengidap depresi dan anxiety disorder yang diminta untuk bersepeda selama 20 menit menunjukkan penurunan tingkat kecemasan dan memperoleh ketenangan pikiran secara signifikan.


Jalan kaki


Mungkin terdengar klise, namun manfaat fisik dari berjalan kaki sudah dibuktikan oleh banyak penelitian: asupan oksigen yang lebih banyak, sirkulasi darah yang lebih lancar, jantung yang lebih sehatl, dan pembakaran kalori yang lebih optimal.


Menariknya, banyak orang yang belum tahu mengenai aspek psikologis dari jalan kaki santai. Walaupun kelihatannya jalan kaki justru bikin capek, sebuah penelitian terbaru oleh kelompok peneliti di Southern California University menunjukkan bahwa jalan kaki justru menghasilkan energi yang berkali lipat daripada tidak jalan kaki sama sekali. Efeknya, sirkulasi darah akan semakin lancar dan penurunan tingkat kecemasan dan stres juga akan berkurang dengan signifikan.


Singkatnya, semakin sering jalan kaki, semakin baik pula mood dan kualitas hidup Anda.





0 Response to "3 Aktivitas Hari Bumi Yang Juga Baik untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...