Tips Memilih Bra yang Tepat untuk Ibu Hamil

Tips Memilih Bra Tepat Ibu Hamil
mama.ua

Salah satu tanda-tanda awal kehamilan adalah payudara mama yang akan terasa lebih sensitif. Pada masa kehamilan, mama akan merasakan perubahan ukuran payudara.

Sesekali payudara juga terasa kesemutan. Lama-kelamaan payudara akan bertambah besar dan makin kencang.

Kondisi yang normal terjadi, ini sebagai persiapan untuk produksi ASI.

Nah, biasanya kondisi ini membuat mama harus menggunakan bra khusus ibu hamil karena ukurannya mungkin saja up size 1 bahkan 3 nomor di atasnya. Supaya tetap nyaman selama menjalani masa kehamilan, Mama harus memilih bra yang tepat khusus untuk ibu hamil.

Seperti apa kriterianya?

Tips Memilih Bra Khusus untuk Ibu Hamil

1. Bra tanpa kawat dengan busa tipis

1. Bra tanpa kawat busa tipis
newchic.com

Saat sedang tidak hamil pun biasanya kawat bra membuat payudara kurang nyaman bahkan terkadang sakit. Di luar itu, busa pada bra juga tidak terlalu berpengaruh keberadaannya. Ini biasanya berguna untuk membuat bentuk payudara lebih menonjol.

Nah, saat hamil sebaiknya Mama tinggalkan bra yang memiliki kawat dengan busa tebal itu. Selain demi kenyamanan, Mama juga tidak perlu lagi menonjolkan bentuk payudara, karena secara alami sudah lebih besar dari ukuran semula.

2. Full cup dan tali yang lebar

2. Full cup tali lebar
brastop.com

Mama sebaiknya pilih bra dengan bahan yang lembut dan nyaman. Disarankan menggunakan model full cup, supaya bisa menyangga payudara sepenuhnya. Bra juga harus memiliki tali yang lebar agar kulit bahu dan punggung tidak bermasalah.

Biasanya tali bra akan memeluk tubuh dengan erat karena beban payudara yang membesar, penggunaan tali yang kecil malah bisa membuat kulit tergesek dan menyebabkan gatal atau lecet.

3. Pengait tambahan

3. Pengait tambahan
tokopedia.com

Ukuran payudara bisa makin membesar seiring dengan makin tuanya usia kandungan mama. Jadi supaya tidak sering berganti-ganti bra, sebaiknya mama membeli bra yang mempunyai banyak kait di belakang supaya pemakaian bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Apalagi posisi bra juga harus disesuaikan supaya nyaman. Mama bisa juga mensiasati dengan membeli pengait tambahan.

Ini akan membuat Mama jauh lebih irit, karena bra yang dipakai saat hamil biasanya digunakan tidak terlalu lama mengingat ukurannya yang sangat melonjak.

4. Membeli 7 Buah

4. Membeli 7 Buah
thebusinesswomanmedia.com

Bra khusus ibu hamil tentu tidak akan mama pakai lagi setelah melahirkan nanti, apalagi saat tubuh mulai langsing lagi seperti semula dan ukuran payudara akan mengecil lagi. Koleksi yang banyak ya Ma.

Jadi, mama tidak perlu membeli terlalu banyak. Paling tidak cukup membeli tujuh buah bra ibu hamil, dengan maksud bisa digunakan secara bergantian.

5. Bra menyusui

5. Bra menyusui
businesspundit.com

Memasuki kehamilan trimester ketiga, bukan hanya bra untuk ibu hamil saja yang perlu mama beli. Mama juga harus mulai mempersiapkan bra menyusui, yang memiliki bukaan di bagian depan. Akan tetapi, biasanya bra menyusui ini juga nyaman dipakai semasa hamil.

Jadi mama juga bisa lebih menghemat, karena bra menyusui ini bisa dipakai juga pasca melahirkan nanti.

6. Kualitas bra

6. Kualitas bra
makeupandbeauty.com

Di luar sana banyak toko-toko yang menjual bra dengan harga murah. Tapi waspadalah karena tidak semua bra akan cocok dengan mama. Pilihlah bra yang memiliki model yang tepat dan benar-benar nyaman.

Tapi jika dibandingkan dengan bra biasa, bra untuk ibu hamil atau menyusui biasanya memang lebih mahal.

Cara Merawat Bra Selama Masa Kehamilan

Bra kehamilan mama jumlahnya pasti terbatas, jadi sebaiknya perhatikan cara perawatannya juga. Disarankan agar mama tidak mencuci bra menggunakan mesin. Cukup kucek dengan deterjen atau sabun cair untuk membersihkannya.

Sedangkan untuk pemakaiannya, mama harus mengganti bra setidaknya sehari atau dua hari sekali untuk menjamin kebersihannya. Saat tidur, bra juga sebaiknya dilepas agar tidur lebih pulas dan lebih nyaman.

Demikian tips memilih bra khusus ibu hamil supaya mama merasa lebih nyaman selama mengandung. Sebab bagian luar payudara akan terasa sangat sensitif selama hamil, lebih-lebih di periode awal kehamilan.

Selamat mencari!

0 Response to "Tips Memilih Bra yang Tepat untuk Ibu Hamil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...