Anda Tergila-gila Makan Cokelat Bisa Jadi Karena Gen Anda Berbeda




Siapa yang tak suka cokelat? Cokelat disebut-sebut sebagai jenis makanan yang dapat mood seseorang kembali membaik. Tak hanya rasanya saja yang enak, tetapi aroma dan teksturnya membuat makanan ini digemari banyak orang. Tapi ternyata Anda suka makan cokelat bukan karena rasanya yang enak, tetapi gen Anda sudah berkata seperti itu sehingga Anda menyukainya.


Suka makan cokelat bisa jadi bawaan lahir


Genetik berperan penting untuk menentukan apapun yang membentuk seorang individu. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari Tufts University. Penelitian ini menyatakan jika genetik di setiap individu memengaruhi preferensi rasa yang ia pilih. Termasuk, bila Anda sangat suka makan cokelat, bisa jadi kegemaran Anda ini sudah bawaan lahir.


Studi yang dilaporkan dalam pertemuan Experimental Biology 2017 ini meneliti genetik pada 818 peserta, yang terdiri dari 404 pria dan 414 wanita dewasa. Tim peneliti menganalisis genetik dan mendata makanan yang dikonsumsi masing-masing individu.  


Kemudian, diketahui bila orang yang suka makan cokelat memiliki gen oksitosin yang berbeda ketimbang dengan orang yang tidak gemar makan cokelat.


Gen memengaruhi selera makan seseorang


Gen ternyata tak hanya menentukan bagaimana penampilan fisik seseorang saja, namun ternyata kode-kode DNA tersebut memengaruhi dalam preferensi makanan Anda sehari-hari. Dalam penelitian ini, gen yang ditemukan berbeda adalah gen yang berperan terhadap fungsi dan kadar oksitosin di dalam tubuh.


Jadi begini sederhananya, tubuh menjadi lebih mudah untuk mengaktifkan oksitosin, yaitu hormon yang berfungsi memunculkan rasa senang, tenang, dan nyaman. Pada penyuka cokelat yang memiliki gen berbeda ini, oksitosin sangat mudah dirangsang hanya dengan cokelat saja.


Sehingga setelah makan cokelat ia merasa senang, nyaman dan tenang. Oleh karena itu, ia tak berpikir dua kali lagi untuk mengonsumsi cokelat kedua kalinya. Akhirnya, ia menjadi sangat suka makan cokelat.


Apakah hal ini memengaruhi kesehatan Anda?


Hal ini bisa saja menyebabkan makanan Anda cenderung tak beragam dan hanya itu-itu saja karena Anda hanya menyukai makanan tersebut saja. Apabila hal ini terjadi, maka Anda berisiko mengalami kekurangan zat gizi tertentu (malnutrisi). Sebab, pada dasarnya tak ada satu jenis makanan yang sempurna dan memiliki semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.


Namun tenang, tentu pengaruh genetik juga akan dipengaruhi oleh lingkungan dan kebiasaan yang ada di keluarga Anda. Misalnya saja anak yang tak suka makan sayur atau buah karena tak pernah dibiasakan oleh orangtuanya sejak kecil.


Tentu, semua ini akan memengaruhi kesehatan Anda di kemudian hari. walaupun memang preferensi makanan Anda dipengaruhi oleh genetik dan lingkungan, namun tak ada salahnya untuk mencoba makanan dan minuman yang kurang Anda sukai sebelumnya demi menjaga kesehatan Anda.


0 Response to "Anda Tergila-gila Makan Cokelat Bisa Jadi Karena Gen Anda Berbeda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...