Apakah Anda Lebih Mirip Ayah Atau Ibu Apa Penentunya




Ketika Anda berkaca, pernahkah Anda bertanya dari mana warna mata yang Anda miliki sekarang? Apakah Anda mirip ayah atau ibu? Atau bahkan bukan keduanya? Jika warna mata atau bentuk fisik lain yang Anda ternyata tidak sama seperti apa yang dimiliki orangtua Anda, kira-kira dari mana ciri fisik itu diturunkan?


Gen bersifat dominan dan resesif, menentukan penampilan fisik Anda


Dalam teori, diperkirakan bahwa terdapat 60 ribu hingga 100 ribu gen yang dibentuk dari DNA di dalam tubuh manusia. Semua gen-gen tersebut berkumpul dan akan membentuk kromosom. Kromosom yang dimiliki oleh orang yang normal yang sehat adalah 46 kromosom yang terdiri dari 23 kromosom ibu dan 23 kromosom ayah. 


Di dalam ilmu yang mempelajari tentang genetik, sifat genetik ada dua yaitu gen yang bersifat dominan serta gen resesif. Ketika gen ayah dan gen ibu bertemu, maka gen akan bersatu dan menghasilkan gen yang baru. Gen-gen yang menyatu inilah yang menentukan bentuk, warna, serta penampilan fisik Anda.


Misalnya saja untuk warna mata, seorang mendapatkan gen warna mata biru dari sang ayah sedangkan mendapatkan gen ibu memberikan warna cokelat untuk mata, lalu warna apa yang akan menjadi warna mata dari anak? Hal ini tergantung dengan sifat kedua gen ayah dan ibu, apakah gen tersebut bersifat dominan atau resesif.


Gen yang bersifat dominan adalah gen yang biasanya lebih sering muncul pada tubuh seseorang dan diturunkan ke generasi mendatang. Sementara gen yang bersifat resesif cenderung jarang muncul dan akan menghilang dalam beberapa generasi saja. Terdapat 3 sifat gen yaitu:



  • Dominan-dominan, karena kedua gen kedua orang tua dominan

  • Dominan-resesif, yaitu salah satu gen dari orangtua dominan dan resesif

  • Resesif-resesif, di mana kedua gen yang didapatkan dari orangtua merupakan gen resesif


0 Response to "Apakah Anda Lebih Mirip Ayah Atau Ibu Apa Penentunya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...