11 Cara Mengatasi Kulit Kering pada Bayi Saat Lahir

11 Cara Mengatasi Kulit Kering pada Bayi Saat Lahir


























Selamat, Anda sudah melewati cara agar cepat melahirkan sehingga bayi Anda lahir selamat dan sehat. Tahap selanjutnya untuk merawat bayi memang sangat penting untuk dilakukan. Anda tidak hanya harus memulihkan diri agar bisa memberikan ASI dan merawat bayi dengan baik. Tugas Anda sebagai ibu baru sangat banyak dan mungkin terlihat melelahkan. Anda akan mengagumi kulit bayi yang sangat lembut saat disentuh. Tapi mungkin Anda juga khawatir karena kulit bayi Anda terlihat kering, mengelupas dan bayi Anda mungkin sensitif saat disentuh. Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit kering pada bayi saat lahir? Simak ulasan berikut ini.



  1. Jangan dimandikan terlalu sering


Jika bayi Anda baru lahir maka sebenarnya bayi Anda tidak membutuhkan mandi terlalu sering seperti anak dan orang dewasa. Bayi Anda hanya membutuhkan kulit yang bersih dan nyaman. Anda bisa menerapkan cara memandikan bayi baru lahir dengan hati-hati. Jika bayi Anda belum lepas tali pusar maka mengusap bayi dengan handuk mandi itu lebih baik daripada memandikan bayi sepenuhnya.




  1. Perhatikan suhu air untuk mandi bayi


Ketika Anda sudah akan memandikan bayi maka perhatikan juga dengan suhu airnya. Jangan terlalu panas, terlalu hangat atau terlalu dingin. Pastikan campuran antara air hangat dan air dingin tepat, sehingga air nyaman untuk kulit bayi yang sudah kering. Kemudian jangan menggosok bagian tubuh bayi dengan keras, karena kulit lapisan bayi masih sangat lembut.



  1. Perhatikan suhu ruangan kamar bayi


Mungkin Anda memang kasihan pada bayi dengan kulit yang sudah kering. Namun menghidupkan AC yang terlalu dingin juga tidak baik untuk kulit bayi. Kulit bayi yang sudah kering bisa lebih kering, kemudian pecah dan membuat infeksi. Kemudian ada banyak efek AC terhadap bayi yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti flu, masuk angin dan gangguan pernafasan lain.



  1. Hindari produk kulit bayi


Memang biasanya banyak ibu yang ingin menghilangkan bau susu pada bayi. Caranya adalah dengan memberikan produk kulit untuk bayi saat mandi seperti sabun wangi, bedak dan lainnya. Tapi saat kulit bayi Anda sangat kering maka jangan memberikan produk ini. Semua bahan ini mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan kulit bayi jauh lebih kering.



  1. Pakaian bayi yang lembut


Penting juga untuk memberikan pakaian bayi yang sangat lembut. Jangan hanya melihat baju bayi yang lucu dan Anda tertarik untuk bayi Anda. Ikuti semua tips memilih baju bayi baru lahir yang baik sehingga Anda bisa memilih bahan yang tepat. Bahan yang sangat baik misalnya seperti katun yang lembut dan sangat ringan. Jika area kering sangat luas maka biarkan bagian tubuh ini tidak terkena pakaian.





  1. Hindari semua bahan serbuk


Saat kulit bayi sangat kering maka jangan memberikan semua bahan bubuk untuk kulit bayi. Misalnya menerapkan bedak untuk bayi, maka itu sebaiknya tidak dilakukan. Bedak memang wangi tapi bisa menyebabkan kulit bayi menjadi lebih sensitif. Ada banyak bahaya bedak bayi jika memang itu mengenai bagian kulit yang kering. Infeksi yang sudah muncul bisa lebih parah dan membuat bayi menjadi sangat rewel.



  1. Jangan memberi serbuk untuk area bawah


Bagian kulit bayi yang sangat mudah kering adalah area pada sekitar popok. Ini sangat sering terjadi kemudian bagian yang kering menjadi merah, ruam dan bisa keluar nanah. Saat ini terjadi maka jangan memberi bedak atau bahan serbuk lain. Lebih baik untuk memberi popok ringan sekali pakai. Hindari menggunakan pampers karena itu bisa membuat luka lebih parah.



  1. Jaga kebersihan area popok


Ketika bagian area popok yang terkena masalah kulit kering maka Anda harus memperhatikan kebersihan area tersebut. Setelah bayi Anda buang air kecil atau BAB maka bersihkan dengan kain yang sudah dibasahi dengan air hangat. Jangan membersihkan dengan tisu karena itu sangat tidak baik untuk kulit bayi. Kemudian perhatikan agar semua handuk sekali pakai saja sehingga bisa mencegah infeksi.




  1. Berikan ASI cukup


Merawat kulit bayi yang kering juga bisa dari dalam tubuh bayi. Mungkin saja kulit bayi Anda menjadi kering karena bayi Anda kurang nutrisi seperti ASI. ASI mengandung bahan probiotik dan senyawa kimia alami lain yang memang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. ASI bisa membuat tubuh bayi menerima cairan yang cukup sehingga kulit bayi bisa kembali lembut seperti bayi lain yang baru lahir.



  1. Jangan kena sinar matahari


Anda sebaiknya juga berhati-hati saat menjemur bayi. Memang bayi yang baru lahir biasanya dijemur karena ini sangat baik untuk kesehatan bayi Anda. Namun saat bayi terkena masalah kulit kering maka panas sinar matahari bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah. Jika Anda tetap ingin menjemur bayi maka jangan sampai kulit yang kering tersebut terkena sinar matahari.



  1. Cuci baju bayi dengan air hangat


Kemudian Anda juga harus mencuci baju dengan air hangat saja. Jangan mencuci baju bayi dengan detergen kimia untuk orang dewasa. Detergen bisa masuk ke serat pakaian dan kemudian membuat kulit bayi menjadi lebih sensitif. Juga jangan memberi pewangi dan pelembut untuk pakaian bayi.


Inilah semua cara mengatasi kulit kering pada bayi saat lahir dengan berbagai bahan yang alami. Semua langkah ini jika dilakukan dengan baik maka bisa membuat kulit bayi lebih lembut, seperti bayi sehat yang baru lahir.
































0 Response to "11 Cara Mengatasi Kulit Kering pada Bayi Saat Lahir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...