Mengasah Kemampuan Sosialisasi Balita

Mengasah Kemampuan Sosialisasi Balita










Di usia 4-5 tahun, anak tengah asyik mengembangkan kemampuan bersosialisasi. Didukung kemampuan motorik dan bahasa yang semakin baik, si empat tahun dapat dengan mudah bersosialisasi.

Sosialisasi tak hanya dengan teman sebaya dan orang-orang di lingkungannya, namun juga dengan binatang-binatang yang dijumpainya. Selain itu, si empat tahun juga sudah memiliki kemampuan emosi, empati dan nurturance (kemampuan merawat) yang semakin baik.


Sama seperti ketika berkenalan dengan orang lain, Anda dapat mengajak anak berbincang-bincang dan menjalin keakraban dengan si kuda poni. Misalnya, dengan memberinya makan wortel atau mengelus-elus hidungnya. Perbincangan dan situasi akrab penuh kehangatan ini sangat bermanfaat bagi anak. Dengan melakukan interaksi awal, ketegangan si kecil menghadapi binatang yang baru ia jumpai, mencair; berganti dengan suasana hangat, nyaman dan aman.


Kegiatan ini juga mengembangkan rasa percaya diri anak. Lihatlah betapa anak tampak begitu percaya diri dan tak malu-malu berinteraksi dengan makhluk hidup lain.


Balita pun mendapat berbagai pengetahuan dan wawasan baru yang memperkaya pengalamannya. Didampingi Anda dan pendamping khusus dari tempat berkuda ini, balita bisa mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru. Misalnya, bagaimana cara memberi makan kuda atau membersihkan badan kuda.


Selain itu, anak juga bisa tahu bahwa kuda poni mengenakan sepatu. Pendamping khusus di tempat berkuda menunjukkan pada Anda dan anak Anda bagaimana bentuk sepatu kuda yaitu tapal, serta bagaimana cara mengenakannya. Tentu semua pengetahuan baru ini mengasah kemampuan kognisi anak.


Interaksi ini tak hanya bermanfaat bagi anak, tapi juga bagi kuda poni. Interaksi yang hangat dengan anak membuat binatang ini merasa nyaman, aman, dan tak berprasangka buruk terhadap orang baru di sekitarnya.

 




0 Response to "Mengasah Kemampuan Sosialisasi Balita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...