Berkenalan Dengan Candida albicans, Jamur Penghuni Tubuh Manusia yang Bisa Sebabkan Penyakit




Penelitian terbaru dari NIH di Inggris menyebutkan bahwa setidaknya ada 80 genus (marga) jamur yang hidup di permukaan tubuh kita. Candida albicans adalah satu di antaranya.


Candida albicans adalah jamur yang tidak boleh disepelekan


Sebenarnya Candida albicans adalah salah satu jamur yang habitat aslinya memang di tubuh manusia. Jamur candida banyak ditemukan pada saluran pencernaan, mulut, vagina, rektum (saluran lubang anus), dan bagian tubuh lain yang bersuhu hangat.


Dalam batas wajar, Candida albicans tidak berbahaya. Jamur ini barulah akan menyebabkan masalah dan menimbulkan infeksi ketika populasinya berkembang biak di luar kendali.


Apa saja penyakit yang disebabkan oleh jamur candida albicans?


Candida albicans adalah jenis jamur Candida yang biasa menyebabkan infeksi candidiasis. Selain itu, infeksi jamur Candida juga bisa mengakibatkan beberapa penyakit di bawah ini:


1. Infeksi jamur vagina


gejala infeksi jamur vagina


Pertumbuhan jamur Candida albicans yang kelewat batas bisa menimbulkan infeksi jamur pada alat kelamin Anda. Bakteri Lactobacillus dalam vagina seharusnya bertugas untuk menjaga jumlah jamur Candida tetap normal. Namun, bila jumlah Lactobacillus tergangggu akan memengaruhi pertumbuhan Candida hingga berujung pada penyakit infeksi.


Disamping itu, Anda juga bisa mengalami infeksi jamur vagina setelah melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Jika ini terjadi, maka akan muncul beberapa gejala infeksi jamur di alat kelamin, seperti:



  • Rasa terbakar saat berhubungan seks dan buang air kecil

  • Area vagina terasa gatal

  • Pembengkakan, iritasi, dan kemerahan di area sekitar vagina

  • Keputihan yang tidak normal


Infeksi jamur Candida juga bisa menginfeksi alat kelamin pria sehingga menimbulkan ruam pada penis. Kondisi ini biasanya terjadi karena pasangan Anda memiliki infeksi jamur vagina.


2. Plak putih di mulut


obat sariawan obat sariawan alami, obat sariawan ampuh, obat sariawan untuk anak, obat sariawan di lidah

Candida albicans yang tumbuh berlebihan di mulut akan menimbulkan infeksi berupa plak putih. Kondisi ini dikenal juga sebagai Candidiasis oral atau infeksi candidiasis pada mulut. Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar hingga ke kerongkongan. Gejala yang ditimbulkan saat Anda mengalami sariawan berupa:



  • Muncul bintik-bintik putih di dalam mulut

  • Rasa sakit atau terbakar di dalam mulut

  • Kemerahan di sudut atau dalam mulut

  • Kesulitan makan atau menelan

  • Kehilangan selera makan


Infeksi candidasis oral yang tidak segera diobati bisa berdampak pada timbulnya infeksi Candida sistemik, terutama pada orang yang punya sistem kekebalan tubuh lemah.


3. Infeksi saluran kencing


obat untuk infeksi saluran kencing


Selain menyerang mulut dan vagina, jamur Candida bisa dibilang sebagai salah satu penyebab dari infeksi saluran kencing (ISK). Sebagian besar infeksi ini terjadi pada bagian bawah saluran kemih, bahkan hingga naik ke ginjal.


Tidak sedikit orang yang mengalami ISK mengaku tidak merasakan gejala apapun. Namun sebagian lainnya, mengeluhkan hadirnya gejala seperti:



  • Frekuensi buang air kecil meningkat

  • Rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil

  • Nyeri perut atau panggul

  • Ada darah dalam urin


4. Candidemia


gejala sepsis


Candida albicans adalah infeksi jamur yang tidak hanya dapat menyerang bagian luar tubuh saja, tapi juga dapat mengalir masuk di dalam aliran darah Anda. Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh infeksi Candida albincans dalam darah yakni Candidemia.


Oleh karena menyerang aliran darah, maka gejala yang ditimbulkan oleh Candidemia menyerupai gejala penyakit sepsis. Mulai dari demam, penurunan fungsi ginjal, hingga syok.


5. Intra abdominal Candidasis


penyakit wanita


Intra abdominal candidiasis, atau yang biasa disebut sebagai Candida peritonitis, adalah peradangan yang terjadi pada lapisan perut bagian dalam akibat ulah infeksi jamur Candida.


Ada banyak spesies Candida lainnya yang bisa menyebabkan ini, tapi memang sebagian besar kasusnya disebabkan oleh jamur Candida albicans.


Gejala yang akan muncul berupa:



  • Perut terasa sakit atau kembung

  • Demam

  • Mual dan muntah

  • Mudah lelah

  • Diare berat

  • Nafsu makan menurun


Kapan harus ke dokter?


Infeksi Candida albicans yang tidak segera diobati dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter bila dirasa muncul gejala yang tidak biasa dalam tubuh.


Dokter akan memberikan diagnosis dan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab awal munculnya jamur Candida albicans. Misalnya dengan menggunakan obat anti jamur yang berbentuk krim atau pil.


0 Response to "Berkenalan Dengan Candida albicans, Jamur Penghuni Tubuh Manusia yang Bisa Sebabkan Penyakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...