Berbagai Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Mineral dan Vitamin




Tubuh membutuhkan asupan vitamin dan mineral untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya dan juga menjaga daya tahan tubuh. Tubuh yang sehat dan kuat membuat Anda tetap aktif sepanjang hari. Sayangnya, banyak orang yang belum memahami pentingnya mineral dan vitamin untuk kesehatan tubuh. Berikut berbagai tips yang bisa Anda praktikkan untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin.


Berbagai cara memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral


1. Makan makanan sehat


makanan-sehat-sembelit


Mengonsumsi makanan sehat dan kaya gizi menjadi salah satu hal wajib yang perlu Anda biasakan setiap harinya. Mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka membantu tubuh untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan seperti karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral.


Makanan yang Anda konsumsi perlu mengandung semua kelompok makanan utama seperti:



  • Buah dan sayur yang kaya akan vitamin, mineral, dan juga serat.

  • Lauk seperti daging atau ikan.

  • Susu dan makanan olahan susu rendah lemak.


Namun, usahakan untuk membatasi jumlah makanan manis yang Anda makan. Ada baiknya untuk mengganti gula dengan sumber karbohidrat lain yang lebih sehat seperti gandum, kentang, dan juga kacang-kacangan.


2. Mencukupi kebutuhan cairan


minuman penambah energi


Mencukupi kebutuhan cairan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi atau kekurangan cairan membuat Anda merasa lemas dan pusing yang bisa membuat aktivitas harian menjadi terhambat. Mencukupi kebutuhan cairan bukan hanya dari air mineral saja. Jus buah, air kelapa, milkshake, dan sari buah termasuk jenis minuman sehat dan kaya gizi.


Air kelapa misalnya mengandung kalium, natrium, magnesium, fosfor, dan juga kalsium yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jus buah kombinasi seperti mangga dan stroberi selain menyegarkan juga dapat meningkatkan sistem imun karena mengandung vitamin A, C, E, dan juga folat. Selain itu, jus semangka juga tak kalah menyehatkan karena mengandung vitamin A, C, magnesium, dan juga zinc yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.


3. Minum suplemen daya tahan tubuh


manfaat ginseng buat pria


Suplemen menjadi asupan tambahan mineral dan vitamin agar daya tahan tubuh terjaga. Makanan dan minuman sehat yang Anda konsumsi belum tentu mencukupi semua kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh terutama untuk menjaga daya tahan tubuh.


Oleh karena itu, Anda perlu minum suplemen daya tahan tubuh agar tubuh dapat bekerja dengan maksimal melakukan fungsinya. Mengonsumsi suplemen yang mengandung 10 vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama ginseng dan echinacea, membantu membuat Anda tetap aktif dan sehat sepanjang hari.


Mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh


Berikut berbagai mineral dan vitamin yang penting untuk kesehatan dan juga dapat menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, terdapat herbal yakni echinacea dan ginseng yang juga terbukti ampuh untuk memperkuat sistem imun yang sangat baik dikonsumsi sehari-hari.


Vitamin C


Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi dan kerja sel darah putih. Sel darah putih merupakan pelindung tubuh karena bertugas untuk melawan dan menghancurkan segala kuman yang masuk ke dalam tubuh.


Magnesium


Magnesium membantu mengendalikan ratusan reaksi kimia dalam tubuh sehingga dapat mendukung berbagai sistem organ di dalam tubuh dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Selain itu, magnesium juga membantu mengatur tekanan darah, memperkuat otot dan tulang, membantu mengoptimalkan fungsi jantung dan otak serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.


Zinc


Zinc berperan penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, terutama dalam mengatasi peradangan. Zinc juga berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Kekurangan zinc bisa membuat Anda terkena berbagai penyakit kronis seperti kardiovaskular, kanker, dan juga diabetes yang diakibatkan oleh peradangan di dalam tubuh.


Mangan


Mangan termasuk mineral penting yang berperan dalam berbagai proses kimia seperti sintesis kolesterol, karbohidrat, dan protein. Mangan juga membantu mendukung pembentukan massa tulang dan menyeimbangkan hormon di dalam tubuh. Selain itu, mangan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu pembentukan antibodi untuk melawan kuman penyebab penyakit.


Vitamin A


Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga memiliki efek antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi. Zat di dalam vitamin A terbukti membantu memengaruhi respon imun terhadap zat asing, termasuk bakteri di saluran pencernaan.


Vitamin B


Vitamin B memperkuat sistem imun dengan cara menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Vitamin B6 terutama dapat memproduksi antiobodi yang melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Selain itu, vitamin B6 juga diperlukan untuk memecah protein dan pertumbuhan sel.


Vitamin E


Sama seperti vitamin C, vitamin E dapat menjadi antioksidan yang cukup kuat untuk membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, vitamin E juga membantu melawan penuaan alami yang terjadi seiring dengan pertambahan usia.


Ginseng


Ginseng banyak digunakan sebagai bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sifat antiradang pada ginseng membantu tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, ginseng juga dipercaya mampu mengusir rasa lelah, memiliki zat antitumor, dan membantu mengatur penyerapan glukosa di dalam tubuh.


Echinacea


Echinacea mengandung berbagai senyawa aktif di antaranya antimikroba dan antioksidan yang dapat membantu tubuh memperkuat sistem kekebalannya. Sering kali echinacea juga membantu tubuh dalam meredakan infeksi virus dan bakteri yang mengakibatkan pilek dan flu. Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan echinacea terbukti ampuh digunakan sebagai pereda nyeri, mencegah kanker, antiradang, dan obat pencahar alami.


Selenium


Selenium berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Mineral ini juga bisa menurunkan stress oksidatif di dalam tubuh sehingga peradangan berkurang dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.


0 Response to "Berbagai Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Mineral dan Vitamin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...