Alami Tekanan Darah Rendah Selama Hamil, Ini yang Harus Diperhatikan

Alami Tekanan Darah Rendah Selama Hamil, Ini Harus Diperhatikan
Yandex.com/ilyastepanov2017

Selama masa kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan cek rutin. Salah satu yang diperiksa setiap kunjungan cek rutin kehamilan adalah mengukur tensi atau tekanan darah.

Tekanan darah yang tidak normal bisa berdampak bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Itu berlaku saat ibu hamil mengalami tekanan darah rendah ataupun tekanan darah tinggi (hipertensi).

Ibu hamil biasanya sudah teredukasi dengan keadaan hipertensi. Kebanyakan orang hamil yang mengalami sakit kepala secara intens akan berpikir dirinya mungkin mengalami tekanan darah tinggi. Padahal, bisa saja itu dikarenakan tekanan darah rendah yang sudah berada kurang dari batas normal.

1. Penyebab tekanan darah rendah saat hamil

1. Penyebab tekanan darah rendah saat hamil
chambegioi.com

Ibu hamil akan mengalami peningkatan arus darah dalam tubuh untuk menjaga pasokan oksigen dan nutrisi ke janin. Hal ini menyebabkan tekanan darah tubuh ibu hamil menurun.

Dapat dikatakan, ini adalah penyebab utama tekanan darah rendah atau hipotensi pada sebagian besar perempuan hamil.

Namun, ada juga penyebab lain, termasuk memiliki anak kembar, riwayat medis hipotensi bawaan yang sudah terjadi dari sebelum hamil, atau penyakit medis yang mendasari seperti dehidrasi, penyakit jantung tertentu serta anemia. Selain itu, faktor-faktor seperti kekurangan asam folat atau vitamin B12 bisa menyebabkan ibu hamil mengalami tekanan darah rendah.

Biasanya ibu hamil akan mengalami pusing dan kunang setelah duduk lama atau jongkok.

Jika kamu pengguna toilet jongkok, kamu harus berhati-hati saat bangun. Lakukan dengan perlahan.

Pemakaian epidural juga sering menyebabkan penurunan tekanan darah.

2. Gejala tekanan darah rendah saat hamil

2. Gejala tekanan darah rendah saat hamil
encontactomagazine.com

Pada sebagian besar ibu hamil, tekanan diastolik mungkin turun hingga 15mm Hg, sedangkan tekanan sistolik mungkin turun sekitar 5-10mm Hg.

Tekanan-tekanan sistolik dan diastolik yang turun dapat berlangsung selama periode kehamilan dan semuanya kembali normal setelah itu.

Umumnya, orang dewasa termasuk juga untuk ibu hamil dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal sekitar 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Angka 120 dan 90 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh, kondisi ini sering tekanan sistolik.

Gejala-gejala tekanan darah rendah ini  tidak berbeda dari tekanan darah rendah bersamaan dengan hamil atau tidak hamil, dan ini termasuk:

  • Sakit kepala ringan terutama saat berdiri tiba-tiba dari posisi duduk
  • penglihatan kabur atau berbayang
  • mual
  • pucat, berkeringat, dan kulit dingin
  • kesulitan konsentrasi
  • denyut jantung tinggi
  • haus yang berlebihan
  • kelelahan dan kecapekan.

3. Cara mengatasi tekanan darah rendah saat hamil

3. Cara mengatasi tekanan darah rendah saat hamil
themaxidresses.com

Ibu hamil akan mengalami pusing karena tekanan darah rendah. Namun, ibu hamil bisa mencoba langkah-langkah sederhana untuk meminimalkan gejala serta menciptakan keselamatan berikut ini:

  • Cobalah berbaring menghadap ke kiri karena posisi ini bisa meningkatkan aliran darah ke jantung.
  • Hindari beberapa gerakan tiba-tiba terutama ketika berdiri dari posisi duduk dan jongkok.
  • Hindari berdiri untuk jangka waktu yang lama. Jika di kantor diwajibkan upacara pagi di hari tertentu mintalah izin untuk tidak mengikutinya.
  • Menggunakan support stockings atau maternity tights.
  • Hindari minuman dan makanan mengandung kafein atau minuman beralkohol.
  • Mengonsumsi makanan kecil beberapa kali seharian, bukan tiga kali makan besar.
  • Berolahraga secara teratur karena mempertajam refleks dan membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal. Konsultasikan dengan dokter mengenai olahraga yang aman untuk kamu lakukan selama hamil.
  • Minum banyak cairan. Seorang ibu hamil harus minum lebih banyak air dari jumlah yang disarankan untuk orang normal, jika memungkinkan minumlah 3 liter perhari.

Itulah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan bagi ibu hamil yang mengalami tekanan darah rendah. Jangan lupa perhatikan nutrisi asupan makan selama kehamilan. Penuhi juga kebutuhan protein dan asam folat selama kehamilan ya Ma.

0 Response to "Alami Tekanan Darah Rendah Selama Hamil, Ini yang Harus Diperhatikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...